Cara Mengobati Biduran Hingga Tuntas Agar Tidak Kambuh Lagi

Apakah disini ada yang tau apa itu biduran ? biasanya beberapa orang menyebutnya dengan kaligata. Kaligata atau biduran adalah suatu kondisi dimana akibat reaksi alergi yang kemudian menyebabkan bentol-betol pada kulit kita. Bentol atau bilur pada kulit biasanya berwarna kemerahan atau terkadang bisa juga berwarna keputihan. Biasanya bentol-bentol atau bilur ini muncul dengan ukuran yang berbeda-beda, dari ukuran kecil hingga terkadang sampai berukuran sebesar tangan. Dan itu munculnya bukan saja pada satu bagian tubuh saja tetapi sering kali bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Kulit akan terlihat seperti beruam-ruam, dimana hal ini akan membuat kita menjadi risih. Bukan karena apa-apa, ruam pada kasus biduran ini terkadang sangat gatal dan bahkan juga bisa terasa perih seperti menyengat.

Cara Mengobati Biduran


Didalam dunia medis, biduran disebut Urtikaria. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa gejala urtikaria ini sering kali berlangsung selama beberapa jam atau hari dan nanti akan hilang dengan sendirinya tanpa di obati. Namun apabila gejala urtikaria ini berlangsung selama kurang dari enam minggu maka itu bisa dikatakan adalah urtikaria akut. Jika gejala urtikaria atau biduran ini tak kunjung sembuh dalam waktu enam minggu lebih atau sering kambuhan maka itu disebut urtikaria kronis. Urtikaria kronis ini bisa saja menjadi suatu pertanda bahwa ada penyakit lain didalam tubuh Anda yaitu penyakit tiroid atau lupus.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena sangat jarang ditemui orang yang mengalami urtikaria kronis, meskipun tidak menutup kemungkinan juga ada yang mengalaminya.

Penyebab Biduran atau Urtikaria


Sebelum kita membahas bagaimana cara mengobatik biduran maka tidak ada salahnya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab seseorang mengalami biduran.

- Paparan Udara Panas atau Dingin
Anda boleh percaya dan boleh juga tidak. Mungkin beberapa diantara kita punya temen yang mengalami alergi udara. Pada beberapa orang yang pernah aku temui, mereka alergi terhadap udara dingin. Apabila dia keluar rumah di saat udara sedang dingin maka mulailah muncul gejala biduran pada bagian tubuhnya.

- Kontak dengan pemicu atau penyebab alergi ( digigit serangga)
Kadang-kadang kita tidak sadar melakukan kontak kepada sesuatu yang menyebabkan kulit menjadi alergi misalnya memegang jenis bunga tertentu atau tanpa sengaja digigit serangga. Tau-tau saja di beberapa bagian tubuh sudah keluar bentol-bentol.

- Obat-Obatan Tertentu
Hati-hati didalam mengkonsumsi obat, karena ada beberapa orang yang alergi ketika mengkonsumsi obat tertentu dan kemudian menyebabkan Anda terkena biduran.

Cara Mengobati Biduran


1. Antihistamin
Anda bisa mengkonsumsi Antihistamin untuk menghilangkan efek gatal serta mengurangi ruam kemerahan dari biduran. Anda harus mengikuti aturan yang tertera pada label, jangan mengkonsumsinya melebihi dosis yang dianjurkan. Obat ini bisa menyebabkan ngantuk sehingga ada baiknya Anda membawa kendaran ketika sehabis mengkonsumsi antihistamin

2. Kortikosteroid
Obat ini biasanya diresepkan oleh dokter, bukan untuk pemakain jangan panjang. Kortikosteroid untuk pemakaian singkat dengan dosis tinggi. Setidaknya Cuma boleh digunakan 3-5 hari, jika lebih dari itu dan biduran Anda tidak kunjung sembuh maka segera periksakan kedokter.

3. Air Kelapa
Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami untuk mengobati biduran. Salah satu bahan alami yang bisa kita manfaatkan adalah air kelapa. Mengobati biduran dengan air kelapa sebenarnya sudah bukan rahasia lagi karena hal ini sudah banyak dilakukan oleh orang terdahulu.
Anda cukup menyediakan satu buah kelapa hijau dan ambil airnya. Kemudian silahkan konsumsi air kelapa hijau tersebut. Maka dalam waktu singkat gejala biduran akan berangsur sembuh dengan sendirinya.

4. Daun Sirih
Selain air kelapa hijau, Anda juga bisa memanfaatkan daun sirih. Cara mengobati biduran dengan daun sirih sangatlah simpel, cukup ambil beberapa lembar daun sirih dan kemudian cuci bersih. Rebus daun sirih tersebut dengan dua gelas air putih, biarkan hingga mendidih. Setelah air rebusan tinggal segelas, matikan kompor. Masukan air rebusan daun sirih kedalam gelas, silahkan diminum. Cara alami ini juga cocok untuk mengatasi biduran pada anak.

5. Campuran Minyak Zaitun dan Minyak Kayu Putih
Alternatif lain untuk mengobati biduran adalah dengan mengoleskan campuran minyak zaitun dan minyak kayu putih. Campurkan 1:1 yaitu satu sendok minyak zaitun dan satu sendok minyak kayu putih. Kemudian aduk-aduk hingga keduanya bercampur rata, setelah itu silahkan oleskan pada bagi tubuh yang mengalami biduran

6. Kompres Air Dingin
Untuk mengurangi rasa panas dan perih serta gatal akibat biduran ini maka Anda bisa melakukan kompres air dingin ke bagian tubuh yang mengalami biduran. Ambil batu es secukupnya dan kemudian masukan kedalam kantong atau bungkus dengan kain, lalu tempelkan pada bagian tubuh yang terasa gatal atau perih.

Tips Agar Biduran Tidak Kambuh


Untuk meminimalisir agak biduran tidak kambuh lagi maka Anda perlu memperhatikan asupan makanan yang bisa menjadi pemicu biduran.

1. Mengurangi Makanan yang mengandung amin vasoaktif.
Ada baiknya Anda mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung vasoaktif. Karena vasoaktif adalah salah satu senyawa yang bisa menyebabkan tubuh melepaskan histamin. Adapun makanan yang mengandung vasoaktif adalah cokelat, nanas, stroberry, tomat dan ikan

2. Mengurangi Makanan Yang Mengandung Salisilat
Kemudian selain makanan yang mengandung vasoaktif, Anda juga di sarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung salisilat karena senyawa ini hampir mirip seperti aspirin. Adapun makanan yang mengandung salisilat adalah tomat, raspberry, sari jeruk, rempah-rempah dan teh

3. Hindari makanan seperti kacang-kacangan, telur, keju dan susu
Pada beberapa orang mungkin makanan diatas tidak berpengaruh sama sekali tetapi tidak menutup kemungkinan juga ada sebagian orang yang mengalami biduran akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan diatas.

4. Menghindari kontak dengan alergi
Coba perhatikan apa yang menyebabkan Anda terkena biduran, apakah Anda alergi terhadap debu, serbuk bunga atau bulu hewan. Jika Anda sudah mengetahui penyebab mengapa Anda mengalami biduran maka hindari kontak dengan penyebab tersebut.  Dengan begitu maka biduran Anda tidak akan kambuh terus.

5. Lindungi Kulit Anda
Faktor cuaca juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami biduran. Untuk itu maka Anda harus melindungi kulit Anda dengan tabir surya ketika hendak keluar rumah. Tabir surya akan melindungi tubuh Anda dari perubahan cuaca yang ekstrim

6. Kurangi Stres
Dan kemudian untuk tips yang terakhir yaitu cobalah kendalikan stress. Lakukanlah olahraga secara rutin atau melakukan yoga untuk menghilangkan stres dari dalam diri Anda.

Itulah cara mengobati biduran secara alami dan ampuh. Diatas juga sudah dibahas obat biduran yang bisa Anda beli di apotik. Tinggal pilih saja, Anda mau menggunakan cara alami atau memilih mengkonsumsi obat kimia. Semoga informasi ini bermanfaat buat Anda, jika berkenan silahkan di share.

Untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai tips kecantikan dan kesehatan maka silahkan kunjungi Tips Keken. Terima Kasih :D

Share this :

Previous
Next Post »