Tips Biar Badan Selalu Fresh dan Tidak Mudah Sakit

Kamu pernah gak sih ketemu orang atau bahkan teman sendiri yang setiap hari mengeluh dan mengatakan jika badan nya selalu capek dan pegal-pegal. Padahal mereka tidak melakukan pekerjaan berat, tetapi tetap saja mengeluh badannya sakit-sakit semua seolah habis melakukan pekerjaan berat.

Lebih menjengkelkan lagi jika orang yang seperti ini ternyata adalah rekan kerja kita sendiri. Hal ini tentu saja sangat merepotkan kita, biasanya tipe orang yang seperti ini akan lebih sering absen masuk kantor sehingga membuat pekerjaan menjadi terbengkalai. Bos di kantor biasanya tidak mau tau, pokoknya pekerjaan beres. Sehingga mau tidak mau pastinya kita yang harus mengerjakan semua tugas-tugas di kantor. Sedangkan rekan kerja kita dengan alasan badan capek serta tidak fit, enak-enakan libur dan istirahat dirumah.

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya letih dan lesu, hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar didalam dunia kerja. Namun, apabila sudah setiap hari mengeluh selalu capek dan badan sakit sehabis bekerja maka itu bisa dikatakan sudah tidak wajar. Tentunya ada yang salah dengan orang tersebut. Entah itu karena pola hidup yang Ia jalani tidak sehat, atau memang karena sifatnya begitu.

Tips Biar Badan Sehat


Nah bagi Anda yang selalu merasa badannya capek, atau sedikit-sedikit merasa capek maka bisa mencoba mengikuti tips dibawah ini. Mudah-mudahan dengan mengaplikasikan tips ini dalam keseharian Anda maka badan Anda tidak akan mudah capek atau sakit, tubuh akan selalu bertenaga dan penuh semangat di dalam bekerja. Yuk simak tips selengkapnya dibawah ini !

1. Sarapan Pagi
Salah satu penyebab mengapa kamu mudah capek adalah karena melewatkan sarapan pagi. Orang-orang yang tidak sarapan pagi maka biasanya kerja sebentar saja sudah kecapekan dan terlihat lemas seperti orang yang tidak punya tenaga. Bahkan terkadang merasakan ngantuk dipagi hari yang begitu berat.

Nah, maka dari itu pastikan bawah Anda selalu sarapan di pagi hari agar kita lebih berenergi didalam menjalani aktivitas sehari-hari. Kemudian, jangan pula telat untuk makan siang. Jika sudah waktunya makan siang maka segeralah untuk makan dan jangan ditunda-tunda karena menunda makan siang bisa membuat kita menjadi sakit.

2. Konsumsi Air Putih Cukup
Kita disarankan untuk mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari. Kurang minum air putih juga dapat memengaruhi kondisi tubuh kita lho. Tubuh bisa mengalami dehidrasi, sehingga membuat kita menjadi lesu dan lemas. Bahkan, jika kebiasaan kurang minum ini terus berlanjut maka bukan tidak mungkin akibatnya bisa memicu timbulnya sakit batu ginjal. Jadi, pastikan bahwa Anda minum 1-2 liter air putih dalam sehari.

3. Olahraga Rutin
Olahraga sangatlah penting, salah satu penyebab badan kita suka sakit-sakit atau pegal adalah dikarenakan tubuh kurang bergerak. Selain itu, jarang berolahraga juga bisa menyebabkan seseorang menjadi gemuk.

Nah, maka dari itu agar berat badan Anda ideal dan tubuh segar maka rajin-rajinlah melakukan olahraga setiap hari. Tidak perlu berolahraga berat, olahraga ringan selama 30 menit dalam sehari maka itu sudah cukup membantu menjaga kebugaran tubuh kita. Atau jika memang tidak sempat berolahraga maka cobalah berjalan kaki setiap pagi, itu juga sudah termasuk olahraga.

4. Cukup Istirahat
Semua pasti sepakat jika istirahat merupakan sesuatu yang penting. Kita tidak bisa memaksakan untuk terus bekerja tanpa istirahat, hal tersebut hanya akan membuat kita jatuh sakit. Bahkan, bukan tidak mungkin akibat kerja terlalu berlebihan bisa menyebabkan seseorang meninggal.

Maka dari itu istirahatlah yang cukup, tidur setidaknya 8 jam sehari. Apabila tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup maka kebugaran tubuh akan terjaga. Kita tidak akan mudah sakit atau lesu didalam bekerja. Tubuh yang fit akan membuat kita menjadi lebih bersemangat didalam melakukan aktivitas harian.

5. Konsumsi Makanan Bergizi
Makanan adalah faktor penting untuk membuat tubuh terus sehat dan bugar. Maka dari itu kita tidak boleh mengkonsumsi makanan secara sembarangan, konsumsilah makanan sehat yang bergizi setiap hari. Jauhi makanan-makanan cepat saji dan junkfood karena tidak bagus untuk kesehatan apabila sering-sering dikonsumsi. Lebih baik perbanyak mengkonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran. Itu jauh lebih sehat, dibandingkan mengkonsumsi makanan cepat saji

6. Hindari Stres dan Jangan Mudah Emosi
Walaupun tekanan pekerjaan cukup berat namun hal tersebut jangan sampai membuat Anda menjadi stres. Karena ketika kita stres maka hal tersebut bisa menguras energi, kemudian berdampak pada emosi yang tidak stabil. Hal ini tentu saja sangat merugikan untuk kita, karena energi yang terkuras akibat emosi dan stres bisa membuat tubuh menjadi lemas serta mengganggu konsentrasi.

Maka dari itu pandai-pandailah didalam mengontrol serta mengendalikan emosi agar pikiran dan tubuh kita tetap sehat. Tubuh dan pikiran yang sehat tentunya akan membuat kita menjadi lebih bersemangat dan tidak mudah sakit.

7. Pijat
Anda juga bisa sesekali melakukan pijat untuk meredakan pegal-pegal pada tubuh. Pijat dengan menggunakan minyak alami bisa membantu menyembuhkan nyeri otot sekaligus melancarkan aliran darah. Pokoknya dijamin deh, sehabis pijat pasti badan akan segar dan bugar kembali.

8. Dapatkan Sinar Matahari
Jangan malas untuk bangun pagi, cobalah untuk berjemur dibawah sinar matahari pagi selama 5 menit maka itu akan sangat membantu menyehatkan tubuh. Para ahli mengatakan bahwa sinar matahari pagi juga bisa meningkatkan mood di pagi hari.

9. Berteman Dengan Orang Yang Selalu Semangat
Percaya atau tidak, teman bisa mempengaruhi kita lho. Pilihlah teman yang selalu bersemangat dan optimis. Karena dengan begitu maka kitapun akan ketularan menjadi bersemangat didalam menjalani pekerjaan. Buktikan sendiri kalau nggak percaya !

Nah mungkin itu saja sedikit tips bagaimana cara biar tubuh selalu fresh dan bertenaga serta tidak mudah jatuh sakit meskipun aktivitas padat. Semoga bermanfaat, yuk bantu bagikan tips ini biar temanmu lainnya juga mengetahuinya. Makasih !

Share this :

Previous
Next Post »