Cara Mengobati Muka Alergi Kosmetik Secara Alami

Wanita memang tidak bisa lepas dari yang namanya kosmetik. Kosmetik sudah menjadi bagian penting yang tidak boleh terlupakan dalam keseharian para wanita. Setiap hendak keluar rumah atau berangkat kerja maka tidak lupa memakai make up, lipstik dan lain-lainnya. Hal ini bertujuan agar wajah mereka bisa tampak cantik dan menawan.

Pada saat ini banyak sekali berbagai macam merk produk kosmetik yang dijual dipasaran. Sebagai konsumen tentunya kita dibuat pusing karena begitu banyaknya pilihan, bahkan hampir setiap bulan pasti selalu saja ada produk kosmetik terbaru yang diluncurkan. Dengan menjanjikan hasil terbaik dan harga murah, biasanya sering kali membuat kita menjadi khilaf. Pada akhirnya kitapun akan gonta-ganti produk kosmetik karena termakan rayuan iklan.

Gonta-ganti produk kosmetik, tadinya memakai merk A dan kemudian ada keluaran produk terbaru, karena termakan rayuan iklan maka kita berganti ke merk B. Meskipun kosmetik merk B keluaran terbaru dan menjanjikan hasil yang baik, namun tahukah Anda bahwa belum tentu kita cocok dengan produk tersebut.

Cara Mengobati Muka Alergi Kosmetik


Jika Anda sudah merasa cocok dengan produk kosmetik A maka sebaiknya tidak perlu gonta-ganti produk kosmetik ke merk lainnya. Karena takutnya nanti menyebabkan alergi pada wajah kita. Sudah banyak sekali orang yang mengalami alergi kosmetik akibat gonta-ganti produk kosmetik. Bahkan, pada beberapa kasus ada yang sampai mengeluarkan uang puluhan juta untuk mengobati alergi kosmetik yang mereka derita. Sangat mengerikan bukan !

Nah, ngomong-ngomong soal alergi kosmetik maka berikut ini ada beberapa ciri-ciri alergi kosmetik yang patut Anda ketahui. Nanti dibawahnya kita juga akan membahas bagaimana cara mengobati alergi kosmetik yang aman dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Ciri-Ciri Alergi Kosmetik


1. Menyebabkan Jerawat
Ciri-ciri alergi kosmetik yang pertama yaitu biasanya menyebabkan wajah menjadi berjerawat, bahkan pada beberapa kasus menyebabkan muka berjerawat parah. Nah, jika yang tadinya wajah kamu mulus bebas jerawat dan kemudian memakai kosmetik B, lalu tiba-tiba jerawat bermunculan maka itu dapat dipastikan bahwa kosmetik B tidak cocok untuk kulit wajah Anda sehingga menyebabkan alergi. Jadi, tinggalkan kosmetik tersebut dan jangan dipakai lagi !

2. Membuat Wajah Memerah dan Gatal
Ruam merah dan disertai dengan gatal juga bisa menjadi pertanda bahwa kosmetik yang Anda gunakan tidak cocok untuk kulit wajah Anda. Segera tinggalkan kosmetik tersebut, jangan memaksa untuk terus memakai kosmetik tersebut. Sayangilah wajah Anda, karena wajah adalah aset.

3. Menyebabkan Bengkak di Sekitar Mata
Kosmetik yang digunakan oleh para wanita bukan hanya sekedar make up. Tetapi juga meliputi eye shadow, maskara dan juga eye liner. Pemilihan eye shadow, maskara atau eyeliner yang tidak tepat maka bisa mengakibatkan bengkak pada wajah, terutama pada bagian sekitar mata. Hal ini menandakan bahwa Anda sedang mengalami alergi kosmetik, segera hentikan pemakaian.

Cara Mengobati Alergi Kosmetik


Setelah kita mengetahui apa saja ciri-ciri alergi kosmetik maka sekarang kita akan membahas bagaimana cara mengobati alergi kosmetik tersebut. Yuk simak aja selengkapnya dibawah ini!

1. Menghentikan Pemakaian Kosmetik
Tentu saja hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah menghentikan pemakaian kosmetik tersebut agar kondisi wajahmu tidak semakin parah. Jangan gunakan kosmetik apapun terlebih dahulu, biarkan kulit wajahmu bernapas dan tenang.

2. Bersihkan Wajah Secara Rutin
Tetap lakukan perawatan wajah secara rutin, namun tidak perlu melakukan perawatan dengan menggunakan cream-cream wajah. Cukup cuci wajah secara teratur dengan menggunakan sabun pencuci wajah. Hal ini bertujuan agar kulit wajah tetap bersih dan mengurangi keluhan akibat alergi kosmetik.

3. Mentimun
Bahan alami seperti mentimun bisa menjadi andalan untuk meredakan alergi kosmetik. Mentimun akan membantu mendinginkan serta mengurangi rasa gatal diwajah akibat alergi kosmetik.

Haluskan satu buah mentimun segar, kemudian simpan selama 1 jam didalam kulkas. Setelah mentimun dingin maka silahkan jadikan sebagai masker wajah. Lakukan perawatan ini secara teratur hingga kulit wajah Anda normal kembali.

4. Minyak Zaitun
Selain memakai masker mentimun, obat alergi kosmetik yang juga bisa diandalkan yaitu minyak zaitun. Minyak zaitun akan membantu menyembuhkan peradangan akibat alergi kosmetik dan menutrisi kulit dari dalam. Selain itu, minyak zaitun juga dapat membantu melembabkan kulit wajah Anda.

Ambil minyak zaitun kira-kira sebanyak satu sendok makan, kemudian oleskan pada wajah Anda secara merata di malam hari ketika hendak tidur. Mudah-mudahan, jika digunakan secara rutin maka alergi akibat kosmetik menjadi sembuh.

5. Lidah Buaya
Apabila kamu punya tanaman lidah buaya dirumah maka bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kemerahan dan gatal akibat alergi kosmetik. Sama halnya dengan minyak zaitun, lidah buaya juga bersifat anti radang.

Cukp ambil satu batang lidah buaya, kemudian belah menjadi dua. Oleskan gel lidah buaya pada wajah Anda secara merata. Ulangi oleskan gel lidah buaya pada wajah Anda setidaknya 3-5 kali dalam sehari.

6. Mengunjungi Dokter
Jika dari semua cara diatas, alergi akibat kosmetik tidak juga sembuh maka langkah terakhir yaitu dianjurkan untuk mengunjungi dokter kulit untuk diperiksa lebih lanjut sehingga nanti akan ditentukan penanganan yang tepat untuk mengatasi alergi diwajah Anda akibat pemakaian kosmetik yang salah.


Itulah beberapa cara mengobati alergi kosmetik secara alami dan aman. Jika Anda sudah merasakan ada tanda-tanda bahwa wajah Anda mengalami alergi akibat pemakaian kosmetik maka segeralah hentikan pemakaian kosmetik tersebut. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Yuk bagikan informasi ini kepada sesama temanmu, mudah-mudahan jadi amal karena membagikan kebaikan. Amin !

Share this :

Previous
Next Post »