Makanan Penambah Nafsu Makan Untuk Orang Sakit

Ada kalanya akibat aktivitas yang terlalu padat membuat kita menjadi kelelahan dan kemudian jatuh sakit. Ketika sedang tidak enak badan seperti ini biasanya kita tidak semangat didalam melakukan apapun. Bahkan nafsu makan pun menurun drastis, hal ini dikarenakan lidah terasa pahit sehingga meskipun makanan yang di hidangkan seenak apapun maka tetap saja bagi orang yang sedang sakit di anggap tidak enak.

Menurunnya nafsu makan saat sakit adalah sesuatu yang wajar, namun sebisa mungkin sebaiknya kita harus memaksakan diri agar tetap mengkonsumsi makanan. Karena semakin kita malas untuk makan maka sudah tentu akan membuat kita menjadi semaki lama sembuh dari sakit yang diderita. Bagaimana mau sembuh, jika tubuh tidak mendapatkan asupan makanan yang bergizi setiap hari.

Makanan Penambah Nafsu Makan Untuk Orang Sakit


Nah, bagi Anda yang pada saat ini sedang demam atau sakit maka cobalah mengkonsumsi makanan dibawah ini. Makanan ini adalah makanan yang paling baik dikonsumsi saat sedang sakit dan dapat meningkatkan nafsu makan Anda.

Makanan Penambah Nafsu Makan Saat Sakit


1. Sup Kaldu Ayam
Salah satu makanan yang baik dan bergizi dikonsumsi saat sedang sakit adalah sup kaldu ayam. Makanan ini sangat dianjurkan, terutama bagi kamu yang mengalami sakit pilek ataupun demam meriang. Mengkonsumsi sup kaldu ayam dapat meningkatkan selera makan Anda, sekaligus mampu membantu menyembuhkan pilek dan demam. Selain itu, makanan ini juga mampu membuat tenggorokan Anda menjadi lega dan menghindari peradangan di tenggorokan.

2. Teh Panas
Kemudian cobalah untuk mengkonsumsi teh panas untuk meningkatkan nafsu makan saat sedang sakit. Teh panas akan membuat tenggorokan Anda menjadi nyaman serta membantu memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu. Dengan begitu maka dijamin Anda akan merasakan lebih enak ketika mengkonsumsi makanan lainnya.

Selain itu, teh juga mengandung antioksidan yang dapat membantu menyembuhkan Anda dari demam dan sakit. Sekaligus membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.

3. Buah Citrus
Buah citrus bisa kita dapatkan di pasaran. Buah ini termasuk kelompok buah seperti jeruk orange atau jeruk nipis. Buah citrus memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita dan dapat membantu proses penyembuhan dari sakit menjadi lebih cepat.

4. Makanan Pedas
Buat kamu yang mengalami pilek maka bisa mengkonsumsi makanan pedas sebagai obat alami didalam mengatasi pilek. Didalam makanan pedas, seperti cabai ada senyawa capsaicin yang mana bermanfaat untuk meredakan rasa sakit serta pembengkakan. Tapi bagi kamu yang punya sakit maag maka sebaiknya jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan pedas.ini.

5. Kraker dan Roti Panggang
Saat selera makan sedang menurun maka cobalah mengkonsumsi kraker atau roti panggang. Makanan ini merupakan termasuk makanan yang sangat dianjurkan dikonsumsi untuk menaikan nafsu makan saat sakit. Kraker dan roti panggang adalah makanan ringan, namun menyehatkan.

Selain mengenyangkan, kraker dan roti panggang juga sangat nyaman di perut, tidak menyebabkan kita menjadi mual.

6. Pisang
Pisang adalah buah-buahan yang dapat di andalkan untuk menjaga agar nafsu makan kita tetap stabil walaupun sedang sakit. Pisang mengandung potassium, dimana zat ini berguna untuk membantu menstabilkan pencernaan setelah Anda muntah. Selain itu, buah pisang juga memiliki manfaat sebagai penurun temperatur tubuh dan menggantikan elektrolit tubuh yang hilang akibat muntah.

7. Jahe
Biasanya saat sakit maka kita akan mudah mual atau muntah ketika mengkonsumsi makanan, hal inilah kemudian yang membuat kita menjadi malas untuk makan. Nah, untuk mengembalikan nafsu makan kita kembali maka cobalah konsumsi teh jahe. Mengkonsumsi teh jahe saat sedang sakit akan sangat membantu didalam menyamankan perut dan menghindari kita dari beberapa masalah seperti mual, sembelit, perut kembung dan muntah-muntah.


Itulah beberapa makanan penambah nafsu makan untuk orang sakit. Makanan diatas sangat baik karena bukan saja bisa meningkatkan selera makan saat sedang sakit namun juga bisa membantu menyembuhkan sakit atau demam lebih cepat.

Share this :

Previous
Next Post »