Cara Menghilangkan Ngantuk Paling Manjur 100 % Berhasil


Manusiawi sekali jika kita terkadang merasa mengantuk karena pada dasarnya hal tersebut merupakan sesuatu yang alamiah dan sebagai suatu pertanda yang diberikan oleh tubuh bahwa kita harus beristirahat dan tidur. Tidak ada cara menghilangkan ngantuk yang paling baik, selain tidur. Tidur adalah obat ngantuk yang paling mujarab. Setidaknya kita membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam sehari untuk tidur agar tubuh tetap fresh dan sehat.


Namun sayangnya terkadang ada beberapa orang yang meskipun sudah tidur selama 7-8 jam dalam sehari tetapi masih saja terus merasa ngantuk. Hal ini tentu saja menjengkelkan karena seperti yang kita ketahui bahwa kerjaan kita bukan hanya untuk tidur saja. Masih banyak pekerjaan yang menunggu kita di kantor. Atau bagi kamu yang masih sekolah/kuliah maka mengantuk saat sedang dikelas bisa mengganggu konsentrasi sehingga menyebabkan pelajaran menjadi susah dimengerti.

Maka dari itu kita tidak boleh membiarkan rasa ngantuk di siang hari saat sedang kerja di kantor ataupun di sekolah bagi kamu yang masih pelajar. Kita harus melawan rasa kantuk tersebut agar kita tetap bisa berkonsentrasi menyelesaikan tugas-tugas disekolah ataupun pekerjaan dikantor dengan baik dan benar.

Cara Menghilangkan Ngantuk


Berikut dibawah ini ada beberapa tips manjur bagaimana cara menghilangkan ngantuk di siang hari pada saat sedang bekerja di kantor ataupun saat di kelas. Yuk simak selangkapnya dibawah ini

Cara Menghilangkan Ngantuk


1. Kopi

Salah satu cara klasik yang hingga sampai saat ini sangat dipercaya ampuh untuk menghilangkan rasa ngantuk adalah minum kopi. Kopi mengandung kafein, sehingga akan membuat Anda terus terjaga dan bebas mengantuk di saat sedang bekerja. Bukan hanya sekedar mampu melawan ngantuk, kafein yang terdapat pada kopi juga bisa membuat konsentrasi Anda terus terjaga.

2. Cuci Muka

Kemudian cara menghilangkan ngantuk berikutnya adalah dengan cara menucic muka. Terlihat sederhana namun khasiatnya manjur untuk mengusir kantuk. Air dingin akan membuat wajah kita terasa segar kembali, aliran darah akan berjalan lancar sehingga ngantuk akan segera pergi. 

Tips ini cocok di praktekan buat kamu para pelajaran yang sering merasa ngantuk saat sedang belajar di kelas. Buat kamu para karyawan kantoran juga bisa mencoba tips ini.

3. Olahraga

Olahraga dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Dengan berolahraga maka peredaran darah didalam tubuh kita menjadi lancar sehingga membuat rasa kantuk menghilang. Gak perlu melakukan olahraga berat, cukup melakukan gerakan-gerakan ringan seperti menggerakan kaki atau tangan mengingat Anda masih di kantor. Atau juga bisa berjalan-jalan sebentar menghirup udara segar maka itu sudah cukup ampuh didalam melawan ngantuk di siang hari.

4. Main Game Sebentar

Bermain game bisa memicu adrenalin, sehingga hal ini akan membuat rasa kantuk langsung menghilang dengan cepat. Kamu bisa mengambil waktu 5-10 menit beristirahat ketika mata sudah mulai mengantuk di siang hari, lalu cobalah mainkan game di ponsel Anda. Dijamin rasa ngantuk akan segera menghilang. Eiit, tapi jangan sampai keterusan main game nya, cukup 5-10 menit saja biar nanti gak di marahin sama atasan.

5. Mengunyah Permen Mint

Mengunyah permen juga bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan ngantuk di siang hari saat sedang bekerja di kantor. Selalu sediakan permen, jika Anda mulai mengantuk maka langsung saja kunyah permen tersebut.

6. Dengarkan Musik

Studi mengindikasikan bahwa musik dapat menolong kita didalam melawan rasa kantuk di siang hari. Selain itu, mendengarkan musik juga bisa membantu meningkatkan fokus Anda.

7. Berjemur

Tips ini juga ampuh didalam mengusir ngantuk di pagi hari. Luangkan waktu setidaknya 10 menit di pagi hari untuk berjemur di bawah sinar matahari. Dengan begitu maka Anda akan menjadi lebih segar dan matapun menjadi terang kembali. Tips ini coco di praktekan buat kamu yang selalu merasa ngantuk di pagi hari.

Penyebab Mata Ngantuk Terus


Jika sekali atau dua kali kita merasa mengantuk di siang hari saat sedang bekerja di kantor ataupun saat belajar dikelas maka itu adalah sesuatu yang wajar. Akan menjadi tidak wajar apabila rasa mengantuk itu datang setiap hari. Tentu saja ada yang tidak beres pada gaya hidup Anda apabila merasa mengantuk sepanjang hari. 

Berikut setidaknya ada beberapa penyebab mengapa kita terus merasa ngantuk saat di siang hari, baik itu di saat sedang bekerja di kantor ataupun di sekolah.

1. Sering Begadang

2. Kekurangan Zat Besi

3. Jarang Berolahraga

4. Insomnia

5. Stress

6. Dehidrasi

7. Penyakit dan gangguan kesehatan

Tips Biar Nggak Mudah Ngantuk

Sedikit tambahan catatan buat Anda, berikut dibawah ini bagaimana cara agar kita tidak selalu merasa mengantuk saat di siang hari. Berikut tipsnya :

1. Tidur sesuai jadwal setiap malam, jangan begadang

2. Pola makan yang baik, terutama jangan melewatkan sarapan pagi

3. Minum 8 gelas sehari 

4. Olahraga rutin setiap hari

5. Penuhi asupan zat besi 

6. Hindari stress

7. Periksakan tubuh ke dokter

Bagaimana, sekarang kamu sudah mengetahuikan cara menghilangkan ngantuk di siang hari yang bisa langsung Anda praktekan. Dalam artikel ini juga dijabarkan apa saja yang menjadi penyebab Anda merasa ngantuk terus sepanjang hari beserta dengan tips mencegahnya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Yuk bagikan !

Share this :

Previous
Next Post »