Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Pagi Hari

Di saat matahari sudah mulai terbit, kemudian ayam-ayam pun mulai berkokok maka pada saat itulah kita harus bangun dari tidur. Kalau malas-malasan bangun dipagi hari maka nanti kata orang rezekinya di patok ayam lho. Hal ini bukanlah mitos tetapi memang benar adanya, orang yang malas bangun pagi rezekinya bakal seret. Bahkan, hal ini juga dijelaskan didalam Islam.

Meskipun banyak manfaat bangun tidur dipagi hari namun masih juga ada beberapa orang yang enggan untuk bangun tidur di pagi hari. Alasannya karena masih ngantuk, sehingga membuat mereka malas beranjak dari tempat tidur. 

Ngantuk di pagi hari biasanya disebabkan oleh kesalahan kita sendiri. Beberapa penyebab mengantuk di pagi hari biasanya adalah karena semalam habis begadang, tidur yang kurang nyenyak atau bisa juga di sebabkan karena terlampau capek.

Seharusnya kita menghindari penyebab-penyebab yang bisa membuat kita merasa ngantuk dipagi hari. Jika terus menerus kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut Anda lakukan maka sudah pasti lama kelamaan akan mengganggu aktivitas Anda. Anda akan selalu merasa ngantuk di pagi hari, akibatnya tidak fokus terhadap pekerjaan. Selain itu, konsentrasi Anda pun akan menurun sehingga membuat Anda sering sekali ceroboh dan selalu melakukan kesalahan.

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Pagi Hari


Nah, berikut dibawah ini setidak ada beberapa tips bagaimana cara menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari. Jika Anda terapkan dengan rutin maka mudah-mudahan Anda tidak akan mudah mengantuk lagi saat di pagi hari.

1. Tidur di Awal Waktu
Jika sudah tidak ada kegiatan lagi maka ada baiknya Anda segera tidur, jangan tunggu hingga larut malam lalu kemudian Anda baru tidur. Biasakan untuk tidur pada jam 9 malam atau paling lambat jam 10 malam. Dengan begitu Anda akan mendapatkan waktu tidur yang cukup sehingga saat terbangun di pagi hari merasa segar.

2. Dapatkan Tidur Berkualitas
Pernahkah Anda merasa, sudah tidur cukup setiap hari namun saat bangun di pagi hari masih merasa ngantuk ? itu tandanya bahwa tidur Anda tidak berkualitas. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas maka hindarilah hal-hal yang dapat mengganggu tidur malam Anda. 

Buatlah kamar Anda senyaman mungkin sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak. Jauhkan gadget dari tempat tidur. Kendalikan stres, lupakanlah semua masalah pekerjaan Anda sebelum tidur malam. Pikirkan hal-hal menyenangkan untuk membantu Anda menjadi rileks sehingga dapat tidur dengan nyenyak. Anda juga bisa mematikan lampu, jika hal ini membuat Anda merasa nyaman. Pokoknya di atur senyaman mungkin agar anda bisa tidur nyenyak sehingga tidur malam Anda berkualitas.

3. Olahraga Pagi
Cobalah untuk melakukan olahraga di pagi hari. Kamu bisa jogging di sekitar komplek atau kalau nggak jalan kaki santai saja. Udara pagi akan membuat kita menjadi lebih segar, pikiranpun akan lebih rileks. Kalau percaya coba aja sendiri !

4. Berjemur di Bawah Matahari Pagi
Matahari pagi bagus untuk kesehatan, bisa membantu menguatkan tulang lho. Selain itu, dengan berjemur di bawah matahari pagi akan membuat rasa kantuk di pagi hari menjadi hilang. Tubuh pun menjadi segar serta semangatpun akan menjadi lebih bagus.

5. Mandi
Mandi pagi itu sangat wajib karena selain membuat tubuh menjadi bersih, tentunya akan membuat kantuk menjadi hilang. Orang-orang yang melewatkan mandi pagi maka akan merasa lesu serta kurang bersemangat dan ujung-ujung nya mengantuk lagi. Maka dari itu jangan malas untuk mandi pagi.

6. Minun Teh atau Kopi
Suka-suka kamu mau minum teh atau kopis. Bagi kamu yang gemar minum kopi maka silahkan konsumsi kopi di pagi hari dan begitu juga sebaliknya. Kopi atau teh sangat membantu didalam mengusir rasa ngantuk di pagi hari. Tapi jangan berlebihan ya guys mengkonsumsi kopi karena itu tidak baik.

7. Sarapan Pagi
Salah satu penyebab ngantuk di pagi hari adalah karena tidak sarapan. Kalau gak percaya coba aja ? maka dari itu jangan pernah melewatkan sarapan pagi. Karena selain bisa menghindari rasa ngantuk di pagi hari, juga bisa membuat kita menjadi lebih bersemangat didalam menjalani aktivitas harian.


Itu lah bagaimana cara menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari. Percayalah jika Anda menerapkannya maka Anda tidak akan merasa mengantuk lagi di pagi hari. Mulailah dari sekarang untuk menjalani pola hidup sehat agar tubuh dan pikiran kita tetap sehat. Silahkan di share jika ini bermanfaat !

Share this :

Previous
Next Post »