Cara Memulihkan Tenaga Setelah Sakit Biar Tidak Lemas

Salah satu nikmat Tuhan yang paling sering kita lupakan adalah nikmat kesehatan. Banyak orang yang tidak peduli dengan kesehatan mereka, setiap hari selalu melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat membahayakan kesehatan mereka seperti merokok, bekerja terlalu berlebihan hingga bahkan mengkonsumsi makanan-makanan tidak sehat setiap hari. Ketika nanti sudah jatuh sakit maka baru kita akan menyadari dan mengatakan bahwa kesehatan itu adalah suatu nikmat yang tidak bisa dibeli dengan apapun.

Ngomong-ngomong soal sakit, seperti yang kita ketahui bahwa di dunia ini tidak ada orang yang tidak pernah mengalami sakit walaupun hanya sekali dalam seumur hidup mereka. Ada kalanya terkadang sistem kekebalan tubuh kita tidak mampu lagi melawan serangan bakteri, parasit atau virus penyebab penyakit. Sehingga kemudian membuat kita menjadi jatuh sakit.

Salah satu penyakit umum yang paling banyak di derita oleh kebanyakan orang biasanya adalah penyakit flu yang disertai dengan gejala demam, meriang, batuk pilek, hidung tersumbat dan kepala pusing. Penyakit-penyakit umum seperti ini termasuk penyakit ringan yang bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi obat ataupun istirahat. 

Cara Memulihkan Tenaga Setelah Sakit


Meskipun kita mengalami sakit ringan tetapi tetap saja, biasanya setelah sembuh dari sakit maka tubuh belum terlalu fit 100 % seperti semula. Kita masih akan merasakan lemas, lesu pasca sembuh dari sakit. Hal ini sesuatu yang wajar, seiring dengan berjalannya waktu nanti tenaga Anda akan pulih seperti sedia kala.

Berikut dibawah ini ada beberapa tips bagaimana cara memulihkan tenaga setelah sakit biar tubuh tidak lemas. Yuk langsung saja kita simak selengkapnya dibawah ini !

Tips Mengatasi Lemas Setelah Sakit


1. Istirahat Cukup
Hal pertama yang mesti Anda lakukan adalah memastikan jika Anda mendapatkan istirahat yang cukup. Setelah sembuh dari sakit, tubuh kita belum terlalu fit sehingga jangan terlalu memaksakan untuk bekerja terlalu keras dan berat. Bekerja hingga sampai kelelahan pasca sembuh dari sakit justru malah akan membuat Anda kembali jatuh sakit. Banyak-banyaklah istirahat terlebih dahulu, agar tubuh benar-benar fit.

2. Konsumsi Makanan Sehat
Hindari makanan tinggi karbohidrat dan gula untuk sementara, karena makanan tersebut bisa membuat tubuh Anda menjadi semakin lemas setelah sakit. Ada baiknya Anda memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Kandungan nutrisi pada buah dan sayuran sangat bagus untuk tubuh kita, serta mampu membantu memulihkan dan memperkuat sistem imun didalam tubuh kita. Dengan bagitu maka tubuh Anda akan menjadi lebih sehat dan bugar. 

3. Jangan Lupa Minum Air Putih Cukup
Konsumsi air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari agar tubuh kita tidak kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi. Maka dari itu jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih cukup setiap hari pasca sembuh dari sakit untuk membantu detoks tubuh dari dalam sehingga tubuh Anda menjadi segar dan bugar kembali.

4. Konsumsi Madu di Pagi dan Malam Hari
Cobalah untuk mengkonsumsi madu satu sendok si pagi hari dan satu sendok di malam hari agar tubuh tidak lemas setelah sembuh dari sakit. Kandungan nutrisi yang ada didalam madu akan membantu memulihkan dan meningkatkan kekebalan tubuh dari dalam. Di jamin apabila Anda rutin minum madu maka tubuh Anda akan fit kembali dan tidak lemas meskipun baru saja sembuh dari sakit.

5. Berolahraga
Kemudian tips terakhir untuk mengatasi agar tubuh tidak lemas setelah sembuh dari sakit adalah dengan berolahraga. Selama kita sakit maka biasanya kita jarang sekali bergerak dan hanya banyak beristirahat. Hal ini membuat tubuh menjadi lemas dan lesu.


Nah, maka dari itu setelah Anda sembuh dari sakit maka cobalah mulai untuk berolahraga kembali. Olahraga ringan saja seperti jalan kaki di pagi hari atau olahraga lainnya yang paling Anda sukai. 

Itulah sedikit tips sederhana namun ampuh bagaimana cara memulihkan tenaga setelah sakit agar tidak lemas. Semoga tips diatas membantu dan bermanfaat buat Anda, jika berkenan silahkan di share kepada teman-teman lainnya. Terima kasih !

Share this :

Previous
Next Post »