Cara Melancarkan BAB Yang Keras Dengan Cepat

Buang air besar (BAB) seharusnya dilakukan secara rutin setiap pagi hari. Tetapi terkadang ada beberapa orang yang tidak melakukan ritual rutin ini di pagi hari. Bahkan lebih parahnya lagi ada segilintir orang yang melakukan buang air besar hanya 3 kali dalam seminggu. Hal ini tentunya sudah tidak benar, BAB yang tidak teratur menandakan bahwa ada sesuatu yang salah pada pencernaan Anda.
Akibat BAB yang tidak teratur maka jangan heran apabila nanti kamu akan mengalami masalah BAB keras hingga bahkan mengalami sembelit. BAB keras adalah salah satu masalah yang cukup menjengkelkan. Terkadang perut sudah terasa sakit dan melilit ingin buang air besar, eh ketika di kamar mandi ternyata feses tidak mau keluar.

Jika sudah begini maka Anda akan merasakan tidak nyaman pada perut. Harus segera diatasi dengan cepat karena apabila dibiarkan maka BAB keras akan membuat Anda kesulitan untuk buang air besar. Tidak BAB dalam jangka waktu lama tentunya akan berakibat fatal, bahkan bisa menyebabkan komplikasi masalah kesehatan.

Cara Melancarkan BAB Yang Keras


Nah, maka dari itu jangan biarkan masalah BAB keras ini. Yuk segera kita atasi, berikut dibawah ini bagaimana cara mengatasi BAB keras secara alami dan cepat.

Cara Mengatasi BAB Keras


1. Konsumsi Air Putih Cukup Setiap Hari
Salah satu cara paling mudah dan murah untuk mengatasi masalah BAB keras adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih. Air putih akan membantu melancarkan BAB yang keras sehingga Anda bisa buang air besar tanpa harus tersiksa. Konsumsilah air putih 1-2 liter dalam sehari. Karena selain bisa membantu mengatasi BAB keras, konsumsi air putih cukup setiap hari juga bagus untuk kesehatan tubuh kita.

2. Konsumsi Makanan Berserat
Susah BAB akibat feses yang keras adalah salah satu pertanda bahwa tubuh Anda kekurangan asupan serat. Maka dari itu perbanyaklah mengkonsumsi makanan tinggi serat agar BAB anda bisa lancar dan tidak keras. Adapun makanan berserat seperti buah apel, aprikot, wortel, jeruk, roti gandum dan buah pepaya.


3. Rajin Berolahraga
Kurang gerak berolahraga sering kali bisa menjadi penyebab mengapa BAB tidak lancar dan sembelit. Tubuh yang kurang gerak juga berpengaruh pada pencernaan kita sehingga menyebabkan Anda menjadi susah BAB. Maka dari itu rajin-rajinlah berolahraga karena sangat menyehatkan. Tubuh yang sehat akan membuat organ-organ didalam tubuh bisa berfungsi dengan baik termasuk pencernaan. Dengan begitu maka BAB pun menjadi lancar dan tidak keras.

4. Konsumsi Minyak Zaitun dan Madu
Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kedua bahan alami ini. Minyak zaitun dan madu bisa diandalkan didalam membantu menyehatkan pencernaan kita. Pencernaan yang sehat akan membuat BAB Anda menjadi lancar dan tidak keras.

5. Biasakan BAB Sesuai Jadwal
Anda boleh percaya, juga boleh tidak. Apabila dengan mengikuti tips diatas dan BAB yang tadinya keras namun sekarang sudah lancar maka ada satu lagi tips yang mesti Anda lakukan yaitu biasakan BAB sesuai jadwal. Jika Anda sudah terbiasa BAB di pagi hari maka pastikan bahwa setiap hari Anda wajib untuk BAB di pagi hari. Jangan sampai melewatkan BAB karena menurut pengalaman saya sendiri, apabila kita melewatkan BAB 1 hari saja maka keesokan paginya BAB akan menjadi keras. Jadi, sangat penting untuk membiasakan BAB sesuai jadwal dan dilakukan setiap hari.

Tambahan, waktu BAB yang paling bagus untuk kesehatan adalah di pagi hari.

Itulah tips bagaimana cara melancarkan BAB keras secara alami dan cepat. Mudah-mudahan apabila Anda mengikuti tips diatas maka masalah BAB keras dan sembelit bisa teratasi dengan cepat. Yuk kita bagikan informasi bermanfaat ini kepada teman-teman lainnya, share !

Share this :

Previous
Next Post »