7 Obat Kurap Alami Yang Paling Ampuh dan Aman

Apakah kamu tau apa itu kurap ? bagi kamu yang belum tau, kurap adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Penyakit kurap bisa menular, jadi apabila ada teman kamu yang punya penyakit seperti ini maka ada baiknya Anda tidak memakai barang-barang dia seperti baju ataupun celana untuk meminimalisir agar Anda tidak ketularan penyakit kurap tersebut.

Kurap bisa muncul dibagian kulit manapun diantaranya pada leher, tubuh bagian atas, kaki, selangkangan hingga bahkan bisa menyerang kulit kepala Anda. Didalam dunia medis kurap disebut dengan nama “Tinea”. Sebenarnya penyakit ini termasuk penyakit umum yang menyerang banyak orang di Indonesia. Siapa saja bisa terkena penyakit kurap, baik itu anak-anak, remaja atau orang dewasa yang kurang memperhatikan kebersihan kulit mereka.

Obat Kurap Alami


Gejala Kurap


Kita bisa mengetahui apakah itu kurap atau bukan dari gejala yang muncul pada kulit Anda. Gejala yang paling mudah kita kenali adalah adanya muncul ruam kemerahan, dimana ruam kemerahan tersebut jika kita lihat akan berbentuk seperti cincin dengan garis luar yang tidak beraturan. Jika Anda pegang maka biasanya ruam tersebut terasa seperti kayak bersisik. Selain itu, juga menimbulkan rasa gatal yang cukup menyiksa.

Apabila tidak diatasi maka biasanya lingkaran ruam bisa saja terus melebar dan menyebar pada bagian kulit lainnya. Pada tingkat yang sudah parah, ruam tersebut akan membentuk benjolan dan kemudian melepuh.

Ada kalanya terkadang kurap juga tidak terlihat berbentuk seperti cincin, biasanya kurap seperti ini muncul pada leher dan wajah. Namun tetap saja apabila dipegang akan terasa membengkak dan gatal, terkadang kurap pada bagian ini juga dapat menjadi kering dan berkerak.

Penyebab Kurap


Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa kurap disebabkan oleh jamur. Jamur penyebab kurap ini disebut dengan jamur dermatofit, yaitu dimana jamur ini bisa bertahan hidup pada kulit manusia. Jamur ini hidup dari keratin yang menjadi bahan dasar jaringan lapisan kulit, rambut, serta kuku manusia.

Adapun penyebaran jamur penyebab kurap ini adalah melalui kontak langsung antara manusia dengan hewan, benda atau tanah. Apalagi ditambah dengan kurangnya Anda kebersihan tubuh dan kulit maka hal ini bisa mempercepat perkembangan jamur. Sering memakai barang bersamaan dengan orang yang mempunyai penyakit kurap juga bisa menjadi penyebab mengapa Anda terkena penyakit kurap. Ingat, penyakit kurap adalah penyakit menular.

Cara Mengobati Penyakit Kurap


1. Bawang Putih
Bawang putih bisa menjadi alternatif sebagai obat kurap alami. Bahan alami yang satu ini memang sudah dikenal sejak dahulu memiliki beragam manfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Salah satunya Anda bisa memanfaatkanya sebagai obat kurap.

Ambil 1-2 suing bawang putih, lalu kemudian iris  secara halus hingga mengeluarkan cairan putih. Kemudian usapkan bawang putih tersebut pada bagian kulit yang mengalami kurap. Lakukan secara rutin agar penyakit kurap Anda sembuh dengan cepat.

2. Lidah Buaya
Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman lidah buaya. Biasanya kita bisa dengan mudah untuk menemukan tanaman lidah buaya di sekitar tempat tinggal kita, atau mungkin Anda menanam sendiri tanaman lidah buaya ini dirumah. Manfaat lidah buaya sangatlah banyak, bukan saja bagus untuk kecantikan tetapi juga bisa kita gunakan sebagai obat untuk menghilangkan kurap. Lidah buaya mampu mencegah penyebaran jamur dan menghilangkan infeksi sehingga akan sangat membantu didalam menyembuhkan kurap.

Cukup oleskan saja gel lidah buaya pada bagian kulit yang mengalami kurap. Biarkan hingga mengering, Anda bisa mengulangi pemberian gel lidah buaya pada kurap setiap 5-6 jam sekali.

3. Lengkuas
Kemudian obat kurap alami selanjutnya adalah lengkuas. Bahan alami ini juga sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Bahkan, ibu-ibu sering memasukannya ketika membuat rending. Alhasil, lengkuas selalu bisa menipu kita karena ketika direndang lengkuas hampir mirip dengan daging.

Nah, ngomong-ngomong soal lengkuas ternyata ada banyak manfaatnya lho tanaman alami yang satu ini. Lengkuas juga bisa kita gunakan untuk mengobati kurap.  Caranya, ambil beberapa buah lengkuas dan kemudian haluskan. Tempelkan saja lengkuas yang sudah dihaluskan tadi pada bagian kulit yang berkurap. Lakukan cara ini secara teratur maka mudah-mudahan penyakit kurap Anda bisa sembuh dengan cepat.

4. Minyak Kelapa
Jika Anda tidak suka memakai lengkuas untuk mengobati kurap maka bisa menggantinya dengan minyak kelapa. Minyak kelapa ternyata juga bisa kita andalkan untuk menghilangkan kurap, bahkan bisa membersihkan bekas kurap sehingga kulit Anda menjadi halus kembali.

Oleskan saja minyak kelapa pada kurap yang ada di kulit Anda. Anda bisa mengoleskannya kembali jika minyak tersebut sudah mengering. Dengan pemakaian yang teratur maka mudah-mudahan penyakit kurap Anda akan cepat sembuh.

5. Daun Tembakau
Coba Anda ambil beberapa helai daun tembakau, kemudian tumbuk daun tersebut hingga menjadi halus. Setelah itu silahkan tempelkan daun tembakau yang sudah kita haluskan tersebut pada kulit yang berkurap. Lakukan sekali sehari hingga kurap di kulit Anda benar-benar menghilang.

6. Belerang
Anda juga bisa mencoba mengobati kurap dengan menggunakan belerang. Caranya cukup mudah kok, tumbuk halus belerang dan kemudian beri sedikit air. Oleskan belerang tersebut pada kulit yang ada kurapnya. Biarkan saja selama setengah jam dan kemudian setelah itu silahkan cuci kulit Anda. Anda tidak perlu khawatir karena belerang bersifat anti-bakteri.

7. Obat Anti Jamur
Langkah terakhir yang bisa Anda ambil jika kurap juga tak kunjung sembuh maka segeralah pergi kedokter dan minta obat anti jamur. Sebenarnya kita bisa membeli obat anti jamur yang berbentuk salep di apotik tanpa resep dokter. Namun tidak ada salahnya Anda mengunjungi dokter agar pengobatan bisa lebih tuntas.

Cara Mencegah Kurap

1. Selalu jaga kebersihan tubuh, mandi secara teratur setiap hari.
2. Jagalah kebersihan kuku, jika kuku sudah panjang maka segeralah dipotong
3. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan ketika selesai memegang hewan peliharan atau selesai bermain di luar
4. Cucilah handuk, sprei dan pakaian Anda secara teratur dan rutin
5. Jangan berbagi barang pribadi dengan teman seperti sikat gigi, sabun mandi, handuk atau pakaian

Mungkin itu saja pembahasan kali ini. Di atas sudah dibahas secara lengkap mengenai apa saja penyebab, gejala, obat penyakit kurap dan bahkan tips mencegah agar kita tidak terkena penyakit yang satu ini.


Semoga informasi diatas bermanfaat buat Anda. Kalau mau silahkan di share agar banyak temen-temen yang mengetahui informasi ini. Jika Anda ingin mendapatkan tips kesehatan dan kecantikan terbaru maka silahkan kunjungi Tips Keken.

Share this :

Previous
Next Post »