Rekomendasi Obat Batuk Tradisional Paling Ampuh dan Aman

Batuk membuat kita menjadi tidak nyaman, apalagi batuk tersebut berdahak maka akan semakin membuat kita tersiksa. Selain batuk berdahak, terkadang beberapa orang juga sering mengalami batuk kering. Sama halnya dengan batuk berdahak, batuk kering juga sangat menyiksa karena biasanya akan menyebabkan gatal ditenggorokan.

Batuk akan menjadi sangat mengganggu jika tidak segera diobati. Dampaknya buka saja membuat kita menjadi tidak nyaman tetapi juga membuat orang-orang menjadi malas untuk berbicara ataupun duduk disebelah kita. Maka dari itu jika batuk sudah menyerang maka jangan diabaikan, segara atasi batuk tersebut dengan cara mengkonsumsi obat.

Anda bisa membeli obat batuk diapotik. Ada begitu banyak berbagai macam merk obat batuk yang bisa Anda pilih. Namun jika Anda adalah salah satu orang yang alergi mengkonsumi obat-obatan kimia maka bisa mencoba mengkonsumsi obat batuk tradisional. Kita bisa memanfaatkan bahan-bahan alami rumah untuk mengobati masalah batuk Anda.

Obat Batuk Tradisional


Nah, berikut dibawah ini ada beberapa obat batuk tradisional yang cukup ampuh dan direkomendasikan buat Anda.

Obat Batuk Tradisional


1. Campuran Jeruk Nipis dan Madu
Obat batuk tradisional yang pertama yaitu campuran jeruk nipis dan madu. Dengan mengkonsumsi campuran jeruk nipis dan madu setidaknya 2 kali dalam sehari maka itu akan sangat membantu didalam meredakan batu. Obat batuk tradisional ini juga bisa diberikan pada anak-anak.

Peras air jeruk nipis, ambil sekitar 1 sendok makan. Campurkan dengan satu sendok madu dan kemudian silahkan diminum. Bagaimana, sangat mudah bukan ?

2. Jeruk Nipis dan Kecap
Kemudian cara kedua yang terbilang cukup ampuh didalam mengobati batu adalah dengan menggunakan campuran jeruk nipis dan kecap. Mungkin beberapa diantara Anda sudah mengetahui akan hal ini, namun saya yakin masih banyak orang yang belum mengetahui obat batuk tradisional yang satu ini. Obat batuk alami ini bisa Anda berikan pada anak-anak juga, jadi bukan hanya orang dewasa.

Caranya, ambil satu buah jeruk nipis. Potong jeruk nipis dan kemudian kupas, lalu masukan kecap kedalam mangkuk kecil. Colek-colek kecap dengan jeruk nipis, lalu sehabis itu langsung makan jeruk nipis tersebut. Memang rasanya agak sedikit kecut-kecut asam tetapi sangat ampuh didalam mengobati batuk.

3. Jahe
Obat batuk tradisional juga bisa dengan memanfaatkan jahe. Jahe sangat ampuh didalam mengobati batuk kering ataupun berdahak. Selain bisa membantu meredakan batuk, jahe juga akan memberikan rasa hangat pada tubuh sehingga mencegah Anda masuk angin.

Adapun cara memanfaatkan jahe untuk mengobati batuk sangatlah simpel. Ambil jahe secukupnya, kemudian cuci hingga bersih. Potong-potong jahe tersebut, lalu masukan kedalam satu gelas teh. Setelah itu silahkan diminum.

Adapun cara kedua yaitu dengan merebus jahe. Rebus jahe secukupnya dengan dua gelas air putih, biarkan hingga mendidih dan air rebusan tinggal satu gelas. Matikan kompor dan masukan air rebusan jahe kedalam gelas, bisa Anda tambahkan dengan 1 sendok madu. Minum air rebusan jahe ketika masih hangat-hangat kuku.

4. Daun Sirih
Daun sirih juga bisa diandalkan didalam mengobati batuk. Banyak kegunaan lainnya dari daun sirih ini, bukan hanya sebagai obat batuk tetapi juga bisa kita manfaatkan sebagai obat keputihan, sakit gigi, menjernihkan mata dan juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan.

Nah, jika kamu ingin mengobati batuk dengan daun sirih maka begini caranya. Ambil beberapa lembar daun sirih dan kemudian cuci bersih. Rebus daun sirih dengan dua gelas air putih, tambahkan beberapa potong jahe. Biarkan hingga mendidih, jika air rebusan sudah tinggal satu gelas maka matikan kompor dan masukan air rebusan daun sirih kedalam gelas. Setelah itu silahkan minum ramuan tersebut setidaknya sekali sehari. Air rebusan daun sirih ini sangat membantu didalam mengatasi batuk berdahak.

5. Asam Jawa
Obat batuk tradisional selanjutnya adalah asam jawa. Jika kesulitan menemukan asam jawa maka Anda bisa membelinya dipasar. Kita ambil daging asam jawa, siapkan kira-kira 10 buah asam jawa dan kemudian seduh dengan air panas. Jadi anda tinggal masukan saja asam jawa kedalam gelas, lalu seduh dengan air panas, tambahkan dengan gula merah sedikit agar rasanya lebih enak.

Setalah itu silahkan diminum selagi masih hangat. Asam jawa bisa mengatasi batuk kering yang Anda derita.

6. Kunyit
Kemudian yang terakhir yaitu ada kunyit. Anda bisa memanfaatkan kunyit untuk mengobati batuk kering. Kandungan anti-biotik yang terdapat pada kunyit akan membantu mengatasi peradangan pada pernapasan sehingga membuat tengorokan Anda menjadi lebih lega.

Cara menggunakan kunyit untuk mengobati batuk sangatlah mudah. Didihkan air putih sebanyak satu gelas saja, kemudian masukan satu sendok bubuk kunyit dan setengah sendok bubuk merica. Kemudian aduk-aduk agar kedua bahan alami tersebut tercampur rata, tunggu setidaknya 1-2 menit dan kemudian setelah itu matikan kompor. Masukan air rebusan tersebut kedalam gelas, minumlah ketika kondisi masih hangat-hangat kuku. Konsumsi ramuan tersebut dua kali dalam sehari.


Itulah pilihan obat batuk tradisional yang sangat direkomendasikan buat Anda. Bahan-bahan alami diatas bisa dikatakan sangat ampuh didalam meredakan batuk, baik itu batuk berdahak maupun batu kering. Semoga artikel diatas bermanfaat buat kita semua, jangan lupa share !

Jika Anda ingin mendapatkan tips terbaru tentang kesehatan dan kecantikan maka bisa mengunjungi Tips Keken. Terima Kasih !

Share this :

Previous
Next Post »