15 Manfaat Minum Air Hangat Sesudah Makan

Minum air hangat sesudah makan ternyata mempunyai manfaat yang besar lho bagi kesehatan tubuh kita. Selama ini kita biasanya hanya mengkonsumsi air putih dingin setelah selesai makan. Sangat jarang sekali ada orang yang habis makan dan kemudian minum air hangat. 

Jikapun ada pasti hal tersebut dilakukan pada saat-saat tertentu saja seperti ketika cuaca sedang dingin atau “kepepet” karena memang pada saat itu tidak ada air dingin sehingga terpaksa minum air yang masih hangat ketika selesai makan.

Manfaat Minum Air Hangat Sesudah Makan


Padahal manfaat minum air hangat sesudah makan sangatlah banyak lho. Berikut dibawah kita setidaknya ada 15 manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila rajin melakukan kebiasaan ini yaitu minum air hangat sesudah makan.

Manfaat Minum Air Hangat Sesudah Makan


1. Tubuh Dapat Menyerap Makanan Dengan Baik
Air hangat sangat bagus untuk tubuh kita, dan bisa membuat pencernaan menjadi lancar sehingga proses penyerapan makanan bisa berlangsung dengan baik. Air hangat juga bisa membantu melarutkan lemak-lemak yang masuk kedalam tubuh Anda. Bukan hanya itu saja, air hangat juga dapat membantu sisa-sisa makanan menjadi kecil sehingga mempermudah kerja usus didalam proses pembuangan limbah (feses).

2. Menurunkan Berat Badan
Buat Anda yang ingin kurus atau yang pada saat ini sedang menjalani prgram diet maka sangat cocok membiasakan hal ini. Cobalah untuk rutin minum air hangat dengan dicampur sedikit perasan lemon setiap pagi hari. Ini akan sangat membantu didalam menurunkan berat badan Anda.

3. Mengurangi Masalah Tenggorokan
Minum air hangat sesudah makan juga bisa membantu Anda didalam mengurangi masalah gatal di tenggorokan yang diakibatkan oleh virus. Jadi, buat Anda yang saat ini mengalami pilek dan flu maka konsumsilah air hangat setelah selesai makan. Air hangat ini adalah merupakan obat batuk pilek alami yang paling simpel dan ampuh.

4. Membantu Proses Pengeluaran Racun di Tubuh
Makanan yang kita konsumsi sehari-hari terkadang bisa menjadi racun bagi tubuh kita. Maka dari itu jangan lupa untuk mengkonsumsi air hangat setelah selesai makan. Air hangat merupakan detoks alami yang bisa membantu proses pengeluaran racun didalam tubuh Anda.

5. Mengatasi Kram Ketika Menstruasi
Nih buat para wanita, jika Anda ingin mengurangi nyeri pada saat menstruasi maka konsumsilah air hangat. Perlu diketahui bahwa kram perut pada saat menstruasi disebabkan oleh karena adanya darah yang menempel di dinding rahim. Nah, air hangat dapat menolong menghancurkan darah yang menempel di dinding rahim tersebut sehingga rasa nyeri yang Anda rasakan bisa berkurang.

6. Membuat Peredaran Darah Jadi Lancar
Air hangat juga bisa membantu melancarkan peredaran darah didalam tubuh kita. Air hangat bisa memperlebar pembuluh darah, dengan begitu maka darah Anda akan menjadi lebih lancar.

7. Kecantikan Kulit
Siapa sangka jika minum air hangat juga bagus untuk kecantikan kulit kita. coba gabungkan air hangat dan madu, khasiatnya sangat ampuh didalam mengatasi berbagai masalah kulit. Campuran air hangat dan madu akan bekerja memperbaiki kerusakan sel kulit dari dalam.

8. Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala
Anda boleh percaya atau tidak, tetapi faktanya air hangat bisa membantu mengaktifkan ujung saraf yang ada pada akar rambut kita. Jangan heran jika orang yang sering minum air hangat akan memiliki rambut yang sehat, lembut dan berkilau. Selain itu, air hangat juga bisa membantu mengatasi masalah ketombe dan kulit kepala kering.

9. Mengatasi Kaki Kram
Kamu yang sering mengalami kram pada kaki maka cobalah untuk membiasakan mengkonsumsi air hangat setiap pagi atau sesudah makan. Lebih bagus lagi jika ditambah satu sendok madu.

10. Relaksasi
Saat Anda lelah dan stres akibat pekerjaan kantor maka cobalah nanti ketika selesai makan Anda minum air hangat. Kemudian tarik napas dalam-dalam sambil memikirkan sesuatu yang lucu. Hal ini dijamin akan membuat Anda menjadi rileks kembali.

11. Penghilang Kantuk dan Penambah Semangat
Kebiasaan mengantuk sehabis makan bisa kita atasi dengan cara mengkonsumsi air hangat ketika Anda selsai makan. Minum air hangat sesudah makan bisa membuat Anda berkeringat sehingga matapun tidak akan mengantuk. Andapun menjadi lebih semangat didalam melanjutkan aktivitas.

12. Tidur Jadi Nyenyak
Air hangat juga dapat membantu membuat kita bisa mendapatkan tidur yang berkualitas atau nyenyak. Cobalah konsumsi air hangat bukan saja sesudah makan tetapi juga sebelum tidur malam. Hal ini dapat membantu Anda lebih rileks sehingga tidurpun akan menjadi lebih nyenyak.

13. Meredakan Mual
Khusus buat ibu hamil air hangat bisa menjadi senjata ampuh didalam meredakan mual. Jadi jangan lupa mengkonsumsi air hangat setelah Anda selesai makan.

14. Penyembuh Sakit Gigi dan Bau Mulut
Rajin minum air hangat atau Anda juga bisa berkumur-kumur dengan menggunakan air hangat bisa membantu menyembuhkan sakit gigi dan menghilangkan bau mulut yang mengganggu.

15. Imunitas Tubuh
Kemudian air hangat juga berguna meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila daya tahan tubuh kita meningkat maka tentunya kita tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Itulah tadi manfaat minum air hangat sesudah makan. Ternyata adda banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Mohon bantuk share ya teman-teman jika dirasa informasi ini bermanfaat. Terima Kasih !

Share this :

Previous
Next Post »