Cara Menyembuhkan Kram Perut Setelah Sit Up

Salah satu cara untuk mendapatkan perut sixpac yaitu harus rajin melakukan sit up. Tidak perlu lama-lama, cukup melakukan latihan sit up setidaknya 10-15 menit dalam sehari maka hasilnya akan luar biasa. Apalagi latihan sit up ini di imbangi dengan mengkonsumsi makanan kaya protein maka bukan hal mustahil jika perut Anda yang tadinya bergelambir atau buncit, berubah menjadi indah dan sixpac hanya dalam waktu singkat.

Siapa saja pasti bisa melakukan gerakan sit up. Bisa dikatakan, gerakan sit up sangatlah mudah dan simpel. Berikut gerakan sit up yang baik dan benar untuk latihan memperindah otot-otot perut Anda.

Cara Menyembuhkan Kram Perut Setelah Sit Up

  • Cari tempat yang bisa membuat Anda nyaman, kemudian baringkan badan Anda.
  • Tekuk lutut Anda, namun pastikan jika telapak kaki Anda tetap menapak pada lantai
  • Kemudian angkat tangan Anda dan silangkan diatas dada atau Anda juga bisa meletakan kedua tangan dibelakang kepala. Terserah mau pilih yang mana, sama saja
  • Setelah itu mulai angkat badan Anda keatas mendekati lutut sembari menghembuskan napas
  • Kemudian turunkan kembali badan Anda ke posisi berbaring, buang napas
  • Lakukan gerakan ini secara berulang

Walaupun gerakan sit up ini sangat mudah sekali dan bisa dilakukan oleh siapapun, namun sayangnya ada satu masalah yang sering kali menimpa kita. Apalagi jika bukan masalah kram perut. Hampir rata-rata orang yang baru pertama kali melakukan gerakan sit up pasti mengeluh jika sehabis melakukan gerakan ini, perut terasa kaku dan kram.

Sebenarnya hal ini adalah sesuatu yang wajar, Anda tidak perlu khawatir secara berlebihan karena biasanya kram perut setelah sit up akan sembuh dengan sendirinya tanpa harus mengkonsumsi obat apapun. Cukup istirahat saja, kemudian kram perut akan sembuh.

Penyebab Kram Perut Setelah Sit up


1. Baru Pertama Kali Sit up
Ini merupakan salah satu penyebab umum. Jika selama ini Anda tidak pernah melakukan sit up dan kemudian tiba-tiba melakukan gerakan ini maka bisa dipastikan bahwa Anda akan mengalami yang namanya kram perut. Gak apa-apa, jika nanti sudah terbiasa maka lama kelamaan tidak akan mengalami kram perut lagi ketika selesai melakukan sit up

2. Tidak Pemanasan
Saat kita melakukan sit up maka otot-otot di sekitar perut terjadi peregangan. Nah, jika kita tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu maka otot-otot tentunya masih kaku. Sehingga ketika terjadi peregangan akan menimbulkan rasa nyeri. Maka dari itu cobalah untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan sit up agar otot-otot di sekitar perut tidak kaku. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya kram perut setelah melakukan gerakan sit up.

3. Makan atau Minum Sebelum Sit up
Jika Anda ingin melakukan sit up maka jangan makan atau minum karena hal ini bisa membuat perut kita menjadi sakit atau kram. Beri jeda waktu yaitu sekitar 2-3 jam setelah makan, setelah itu silahkan jika Anda ingin melakukan sit up.

Cara Mengatasi Kram Perut Setelah Sit up


Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi bahwa kram perut setelah sit up adalah hal biasa, apalagi bagi kamu yang baru pertama kali melakukan gerakan ini. Cukup dengan melakukan istirahat, tanpa harus mengkonsumsi obat maka kram pada perut akan menghilangkan dengan sendirinya.

Selain istirahat Anda juga bisa menyembuhkan kram perut setelah sit up dengan cara mengkompres perut yang terasa nyeri menggunakan air hangat. Masukan air hangat kedalam botol plastik, lalu tempelkan pada bagian perut yang terasa nyeri

Jika memang nyeri tak kunjung sembuh lebih dari 1 minggu maka segeralah konsultasi pada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Mungkin itu saja bagaimana cara menyembuhkan kram perut setelah sit up. Sangat jarang terdengar ada orang yang sampai masuk rumah sakit akibat masalah ini. Biasanya hanya dalam waktu sehari saja kram perut setelah sit up akan sembuh dengan sendirinya.

Share this :

Previous
Next Post »