8 Efek Buruk Akibat Kurang Darah (Anemia) Pada Tubuh Manusia

Apakah Anda sering merasa sakit kepala, letih dan lesu sepanjang hari. Jika iya maka jangan diabaikan karena bisa jadi itu adalah satu pertanda bahwa Anda sedang mengalami anemia atau kurang darah. Segeralah secepat mungkin untuk mengunjungi dokter atau bisa juga Anda mencoba mengkonsumsi makanan penambah darah seperti satu kambing, daging ayam atau bebek dan susu.

Jangan biarkan kondisi ini berlarut-larut karena anemia atau kurang darah bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita. Ada begitu banyak efek buruk akibat kurang darah bagi tubuh kita, apalagi jika penyakit anemia ini sudah memasuki tahap anemia berat maka itu sangat beresiko menyebabkan seseorang meninggal.

Akibat Kurang Darah


Berikut setidaknya ada beberapa efek buruk akibat kurang darah (anemia) pada tubuh manusia yang patut kamu ketahui sehingga kamu tidak menyepelekan penyakit anemia ini.

Dampak Negatif Akibat Kurang Darah


1. Menyebabkan Sakit Kepala
Akibat kurang darah atau anemia bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala, terutama ketika baru bangun tidur. Bukan hanya sakit kepala saja, tetapi terkadang juga disertai dengan rasa mual atau ingin muntah. Jika tidak segera diatasi maka tentunya hal ini akan sangat mengganggu aktivitas harian kita. So, apabila Anda mengalami tanda-tanda seperti ini maka segeralah konsultasikan kedokter

2. Cepat Merasa Lelah
Kemudian selain sakit kepala, anemia juga bisa menyebabkan seseorang menjadi cepat lelah. Meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat, namun tetap saja kita akan merasa sangat kelelahan seperti halnya sedang melakukan aktivitas berat. Jika Anda merasakan tanda seperti ini maka bisa jadi Anda positif mengalami anemia atau kurang darah.

3. Rambut Rontok
Anemia atau kurang darah diakibatkan oleh karena kurangnya asupan zat besi. Hal ini menyebabkan pasokan oksigen ke folikel rambut menjadi berkurang sehingga membuat rambut menjadi rontok dan berhenti untuk tumbuh. Jika Anda mendapati hal ini maka tidak perlu panik berlebihan, konsumsilah makanan yang mengandung zat besi. Karena apabila pasokan zat besi  didalam tubuh kita terpenuhi kembali maka Anda akan terbebas dari anemi dan rambut pun akan dapat tumbuh dengan normal kembali.

4. Terlihat Pucat
Orang-orang yang mengalami anemia atau kurang darah akan terlihat pucat, terutama pada bagian ujung jarinya. Pada orang normal, ujung jarinya akan terlihat berwarna merah atau pink. Itu menandakan bahwa ada banyak sel-sel darah merah yang berkumpul pada ujung jari kita.

Coba Anda cek, apabila pada ujung jari kalian terlihat pucat maka itu tandanya bahwa Anda sedang mengalami anemia atau kurang darah.

5. Merasa Ngantuk Sepanjang Hari
Ngantuk adalah merupakan suatu sinyal yang diberikan oleh tubuh bahwa sudah waktunya untuk istirahat. Namun pada beberapa kasus, ternyata mengantuk juga bisa menjadi suatu pertanda bahwa ada yang tidak beres pada tubuh kita. Kurang darah atau anemia juga bisa menyebabkan kita merasa mengantuk sepanjang hari. Di saat kita mengalami anemia maka pasokan oksigen akan terhambat. Hal ini bukan saja membuat kepala menjadi sakit tetapi membuat badan menjadi lesu dan mengantuk.

6. Menurunnya Daya Tahan Tubuh
Tubuh mempunyai perlindungan sendiri terhadap serangan dari luar. Biasanya jika ada virus, bakteri atau parasit yang masuk kedalam tubuh kita maka sistem imun didalam tubuh kita akan menjadi aktif untuk melawan benda-benda asing tersebut.

Nah, tetapi apabila kita mengalami anemia atau kurang darah maka sistem imun didalam tubuh kita akan menurun. Sehingga hal ini bisa menyebabkan kita rentan terserang berbagai macam penyakit mulai dari penyakit yang ringan seperti flu, batuk dan pilek sampai dengan penyakit kronis.

Maka dari itu anemia harus segera diatasi dengan cepat dan tidak boleh dibiarkan. Efek akibat penyakit anemia atau kurang darah ini sangat buruk bagi kesehatan tubuh kita.

7. Menyebabkan Denyut Jantung Tidak Teratur
Akibat kurang darah maka kerja jantung tidak bisa maksimal. Karena fungsi jantung adalah mempompa darah keseluruh tubuh. Nah, kalau darah didalam tubuh kita berkurang maka kerja jantungpun pasti akan tergganggu yang mana hal ini menyebabkan denyut jantung Anda menjadi tidak teratur. Tentu saja hal ini sangat tidak bagus untuk kesehatan kita, maka dari itu segeralah cepat atasi anemia dengan mengkonsumsi makanan penambah darah.

8. Sesak Napas
Akibat kurang darah atau anemia juga bisa berdampak buruk untuk pernapasan Anda. Umumnya penderita anemia akan merasakan sesak napas. Karena jumlah darah didalam tubuh berkurang maka oksigen yang beredar keseluruh tubuh kitapun juga sangat sedikit sehingga menyebabkan kita menjadi sesak napas.

Nah, itulah apa saja efek buruk akibat kurang darah atau anemia bagi kesehatan tubuh kita. Ada banyak sekali dampak negatifnya sehingga Anda tidak boleh menyepelekan penyakit yang satu ini. Jika Anda merasakan tanda-tanda anemia seperti kepala pusing, mual, ingin muntah dan selalu lesu maka segeralah secepat mungkin konsultasikan kepada dokter. Karena apabila dibiarkan tanpa diatasi maka beresiko menyebabkan kematian.

Share this :

Previous
Next Post »