Cara Menghilangkan Bintik Bintik Merah Di Wajah Dengan Cepat

Wajah adalah salah satu aset penting yang harus benar-benar dijaga. Sedikit saja bermasalah maka itu bisa membuat kita menjadi panik. Bahkan terkadang tak jarang kita menjadi kurang percaya diri dan malu untuk keluar rumah apabila kulit wajah bermasalah.

Adapun beberapa masalah pada kulit wajah yang paling sering di alami oleh kebanyakan orang adalah seperti jerawat, wajah berminyak serta kusam dan masalah seperti munculnya bintik-bintik merah pada wajah. Hal ini tentu saja sangat mengganggu penampilan sehingga tidak boleh dibiarkan. Secepat mungkin harus diatasi agar kulit wajah kita kembali mulus dan cantik seperti sedia kala.

Cara Menghilangkan Bintik Bintik Merah Di Wajah


Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai bintik merah pada wajah. Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan mengapa di wajah kita muncul bintik-bintik merah

Penyebab Bintik Merah Pada Wajah


1. Biang keringat (Miliaria)

Biasanya salah satu penyebab munculnya bintik merah pada wajah karena diakibatkan oleh biang keringat. Cirinya adalah bintik merah terlihat menonjol, yang mana akan terasa gatal dan menyebabkan sensasi menyengat serta perih di kulit.

Bukan hanya diwajah, biang keringat juga bisa muncul pada bagian tubuh lainnya seperti leher, punggung, dada ataupun paha. Oh iya penyebab munculnya biang keringat biasanya disebabkan oleh paparan suhu panas.

2 Jerawat (Acne Vulgaris)

Kemudian penyebab bintik merah pada wajah yang kedua yaitu karena disebabkan oleh jerawat atau bekas jerawat. Sama seperti biang keringat tadi, bintik merah ini juga dapat muncul pada bagian punggung, dada dan wajah.

3. Infeksi jamur

Adanya infeksi jamur juga bisa menyebabkan munculnya bintik kemerahan pada wajah. Biasanya bercak merah akibat infeksi jamur akan terlihat berbentuk lonjong bulat, mempunyai batas tegas dan terkadang sering kali disertai adanya sisik halus yang gatal

4. Alergi Makanan

Bintik merah juga bisa timbul akibat alergi makanan. Jika hal ini penyebabnya maka Anda tidak perlu panik, cukup hentikan konsumsi makanan penyebab alergi dan kemudian dalam waktu beberapa hari kedepan bintik merah di wajah akan hilang

5. Digigit Nyamuk

Gigitan nyamuk juga bisa meninggalkan bekas bentol-bentol merah pada kulit kita. Jadi, jangan lupa untuk memasang obat nyamuk atau menggunakan lotion anti nyamuk sebelum tidur di malam hari untuk melindungi Anda dari gigitan nyamuk

6. Kesalahan Menggunakan Make Up

Jangan sembarangan menggunakan make up. Karena kesalahan didalam menggunakan make up bisa berakibat fatal. Selain bisa membuat wajah menjadi meradang, juga bisa membuat wajah menjadi kemerahan.

7. Psoriasis

Ini merupakan penyakit kulit sehingga harus diwaspadai. Psoriasis bersifat kronis dan sering kali kambuhan atau berulang-ulang. Cirinya adalah bercak merah terlihat tidak terlalu banyak namun gatal serta ada sisik tebal dan berlapis-lapis berwarna putih mengkilap. Penyebab psoriasis ini diantaranya adalah stress psikologis, infeksi, trauma, obat, alkohol, rokok, dll.

Cara Mengatasi Bintik Merah Pada Wajah


Anda bisa memanfaatkan  bahan alami berikut ini untuk menghilangkan bintik merah pada wajah seara perlahan. Yuk simak selengkapnya dibawah ini

1. Es Batu

Kompres dengan menggunakan es batu adalah salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk meredakan bintik merah di wajah. Apalagi bintik merah di wajah Anda di akibatkan oleh karena kesalahan penggunaan make up maka dengan mengkompres wajah menggunakan es batu maka dapat menenangkan wajah.

2. Ampas Teh

Sesudah minum teh maka jangan dibuang ampas teh tersebut. Kita bisa memanfaatkan ampas teh untuk menghilangkan bintik merah pada wajah. Tempelkan ampas teh pada kulit wajah Anda dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas wajah Anda dengan air bersih.

Ampas teh kaya anti oksidan yang dapat membantu kulit wajah kita melawan radikal bebas. Selain itu, ampas teh juga dipercaya mampu membantu mencerahkan kulit wajah.

3. Mentimun

Parut mentimun hingga halus, kemudian masukan kedalam kulkas. Apabila sudah dingin maka ambil dan gunakan sebagai masker wajah. Gunakan selama 15 menit, lalu kemudian cuci bersih wajah Anda.

Mentimun dapat membantu mengurangi bintik merah pada wajah, sekaligus membantu mencerahkan wajah Anda.

4. Madu

Ambil madu murni sebanyak satu sendok, kemudian panaskan dengan menggunakan api. Kalau sudah agak terasa hangat maka oleskan madu tersebut pada wajah Anda. Boleh seluruh wajah, boleh juga oleskan pada bintik-bintik merahnya saja.

Kandungan antibakteri pada madu akan membantu menghilangkan bintik merah diwajah Anda. Selain itu, madu juga akan membantu melembabkan sekaligus mencerahkan wajah.


Tips Mengurangi Gejala Bintik Merah Pada Wajah

  • Mandi 2 kali sehari dengan air dingin dan menggunakan sabun bayi, hindari sabun-sabun dengan kandungan antiseptik karena akan menyebabkan kulit kering
  • Memakai pelembab kulit untuk menjaga kulit tetap lembab
  • Banyak minum air putih
  • Cuci handuk dan seprei secara berkala
  • Jemur bantal, guling, dan kasur berkala
  • Pakai pakaian yang bersih, longgar, dan menyerap keringat
  • Bila kulit terasa gatal dapat minum tablet CTM yang dapat dibeli di apotek


Itulah cara menghilangkan bintik merah di wajah secara alami yang bisa Anda copas aplikasikan dirumah. Mudah-mudahan tips diatas dapat membantu Anda didalam mengatasi masalah bintik merah ini sehingga wajah Anda kembali mulus. Silahkan bantu share ya teman-teman !

Share this :

Previous
Next Post »