6 Masker Alami Untuk Mengatasi Wajah Kusam Dan Berminyak

Wajah kusam dan berminyak tidak boleh dibiarkan begitu saja tanpa ada perawatan apapun karena hal ini sungguh sangat tidak baik untuk kulit wajah Anda. Selain bisa menggangu penampilan, juga bisa menyebabkan kulit wajah menjadi rentan berjerawat. Anda pasti tidak mau bukan, sudahlah wajah kusam dan berminyak kemudian ditambah dengan ada banyaknya jerawat pula ? Nah, maka dari itu segeralah untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara mengatasi wajah kusam dan berminyak pada dasarnya tidaklah susah kok. Namun hanya saja membutuhkan kerutinan serta kesabaran. Karena kita tidak bisa memutihkan wajah kusam dan berminyak hanya dalam waktu semalam. Tentu saja butuh proses, apalagi kita mengandalkan bahan-bahan alami didalam mengatasi masalah wajah kusam dan berminyak ini. Setidaknya butuh waktu 3 bulan untuk melihat hasilnya.

Kok lama sih, gak apa-apa lama tetapi aman. Bahan alami lebih dapat dipercaya didalam mengatasi masalah wajah kusam dan berminyak. Bahkan, jika digunakan secara rutin maka hasilnya akan bisa membantu mencerahkan kulit wajah Anda yang kusam dan menghilangkan minyak diwajah Anda secara permanen.



Berikut setidaknya ada beberapa masker alami untuk mengatasi wajah kusam dan berminyak yang dapat Anda coba buat sendiri dirumah.

1. Campuran Lemon, Minyak Zaitun Dan Madu Murni
Kita tidak perlu meragukan lagi akan manfaat minyak zaitun buat kulit wajah kita. Dengan perpaduan minyak zaitun dan madu yang kemudian ditambahkan dengan beberapa tetes perasan air jeruk lemon bisa dikatakan adalah kombinasi tepat untuk mengatasi masalah wajah kusam dan berminyak. Bukan itu saja, masker ini juga ampuh didalam menghilangkan jerawat, flek hitam dan komedo.

Untuk cara pembuatannya sendiri sangatlah gampang sekali, Anda cukup siapkan 1 sendok makan air jeruk lemon. Campurkan dengan 1 sendok madu dan 1 sendok minyak zaitun. Aduk-aduk agar ketiga bahan itu tercampur semua sampai rata.

Masukan kedalam kulkas dan biarkan sekitar 15 menit. Sambil menungu masker menjadi dingin. Persiapkan wajah kamu sebelun di masker.

Bersihkan wajah Anda dengan air hangat, hal ini berguna menghilangkan kotoran-kotoran yang ada didalam pori-pori kulit wajah Anda. Bila perlu boleh juga pakai sabun pencuci wajah atau facesial tonic. Agar kulit benar-benar bersih dan siap di masker.

Jika telah siap, ambil masker yang telah di dinginkan tadi. Kemudian silahkan oleskan pada kulit wajah kamu secara merata sambil sesekali diberikan pijatan halus agar peredaran darah pada kulit wajah kamu menjadi lancar sehingga nantinya masker gampang di resap oleh kulit.

Biarkan masker menempel pada kulit wajah Anda sekitar 30 menitan supaya meresap sempurna. Terakhir bersihkan wajah kamu dengan air hangat kemudian keringkan dengan handuk bersih.

2. Masker Putih Telur dan lemon
Masker ini juga sangat mudah untuk dibuat kok. Pertama siapkan dulu bahan-bahannya yakni siapkan 1 buah jeruk lemon segar yang telah matang berwarna kuning cerah dan 1 telur ayam kampung.

Belah lemon menjadi dua, kemudian peras dan masukan airnya ke dalam wadah atau mangkuk kecil. Lalu, pecahkan putih telur dan ambil bagian putih telurnya saja. Masukan kedalam mangkuk kecil yang berisi air jeruk lemon tadi. Kocok hingga keduanya tercampur rata. Dan maskerpun telah jadi dan siap untuk digunakan.

Sebelum memakai masker putih telur dan lemon ini maka bersihkan wajah kamu terlebih dahulu dengan air hangat. Keringkan wajah hingga benar-benar kering, lalu kemudian silahkan oleskan masker lemon pada wajah Anda dengan memakai kuas wajah atau boleh juga dengan menggunakan tangan.

Hindari kontak langsung ke mata. Sesudah selesai mengoleskan masker secara merata pada wajah, biarkan sekitar 30 menit kemudian bersihkan wajah kamu dengan air dingin.

Keringkan wajah dengan handuk halus dengan cara cukup di tepu-tepukan ke wajah. Manfaat masker ini sangat banyak yaitu bisa mencerahkan, menghaluskan, melembabkan, dan mengencangkan kulit wajah.

3. Masker Mentimun
Semua orang mengetahui jika timun atau mentimun ialah sayuran yang kaya akan mineral dan baik untuk kesehatan. Namun belum banyak orang yang mengetahui jika ternyata mentimun juga memiliki khasiat luar biasa untuk kulit wajah kita.

Masker mentimun bermanfaat untuk menyegarkan wajah, mengurangi minyak berlebih pada wajah dan memutihkan wajah kusam. Bukan itu saja, dengan menempelkan irisan mentimun pada mata maka bisa membantu menghilangkan mata panda.

Cara membuat masker mentimun untuk mengatasi wajah kusam dan berminyak sangatlah mudah. Anda dapat mengolah timun menjadi masker dengan cara diblender. Ambil 1 buah mentimun segar, blender hingga sampai halus dan kemudian gunakan sebagai masker wajah.

Anda tinggal oleskan saja jus timun pada wajah. Diamkan sekitar 30 menit, setelah itu cuci bersih wajah Abda. Masker ini sangat aman sehingga Anda tidak perlu khawatir menggunakannya.

4. Masker Madu dan Susu
Madu dan susu memang sangat nikmat apabila dikonsumsi, tetapi tahukah Anda dibalik kenikmatan tersebut terselip beragam manfaat. Bukan saja untuk kesehatan Anda tetapi juga buat kecantikan kulit wajah juga lho. Kedua bahan alami bisa kita jadikan sebagai masker alami untuk mengatasi masalah wajah kusam dan berminyak. Gabungan kedua bahan ini pun ampuh memutihkan kulit.

Madu bekerja dalam melawan bakteri, mencerahkan dan melembabkan. Sedangkan susu menciptakan kulit lebih kenyal dan sehat. Susu dan madu juga sesuai digunakan untuk seluruh tipe kulit, sekalipun untuk kamu yang memiliki kulit berminyak.

Cara membuat masker ini sangat mudah, cukup campurkan 1 sdt madu ke dalam setengah cangkir susu. Kemudian aduk-aduk agar keduanya tercampur rata,  lalu balurkan pada wajah dengan kapas. Tunggu hingga masker mengering. Lalu bilas dengan air sampai bersih. Masker ini bisa digunakan 1-2 kali dalam seminggu.

5. Masker Daun Seledri
Daun seledri bukan hanya sebagai pelengkap dalam masakan. Kita juga bisa memanfaatkan daun seledri sebagai masker alami untuk mengatasi wajah kusam dan berminyak.

Silahkan Anda haluskan terlebih dahulu daun seledri, kemudian setelah itu balurkan pada wajah. Tunggu 20 menit, kemudian bilas wajah Anda dengan air hingga bersih.

6. Mengompres Wajah dengan Es batu
Manfaat es batu untuk wajah cukup banyak lho, diantaranya adalah mengecilkan pori-pori, menyerap minyak berlebih dan yang lebih hebatnya lagi yaitu bisa membuat kulit terlihat lebih cerah.

Cara menggunakan atau mengaplikasikan batu es untuk wajah cukup mudah kok. Ambil batu es berukuran sedang, kemudian Anda bisa menggosok-gosokkan batu es tersebut secara lembut pada permukaan kulit wajah secara merata.

Es batu juga dapat mengurangi masalah mata panda serta kulit yang terbakar dampak matahari (sunburn).


Itulah masker alami untuk mengatasi wajah kusam dan berminyak yang bisa Anda coba gunakan dan buat sendiri dirumah. Selain dengan rajin melakukan perawatan wajah diatas, sebaiknya Anda juga mengiringinya dengan gaya hidup sehat seperti berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, tidur cukup waktu dan menghindari stres. Semoga  bermanfaat !

Share this :

Previous
Next Post »