19 Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat jalan kaki sangatlah besar untuk kesehatan tubuh kita sehingga maka dari itu mulai dari sekarang jangan lagi bermalas-malasan untuk pergi jalan kaki. Sempatkanlah setidaknya berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari, jika Anda rutin berjalan kaki setiap hari maka Anda akan merasakan perbedaan yang cukup mengagumkan dalam tubuh Anda. Tubuh akan menjadi lebih segar dan tidak mudah jatuh sakit.

Seperti yang kita ketahui para era zaman modern sekarang ini sudah banyak sekali orang yang malas untuk pergi berjalan kaki. Hal ini dikarenakan generasi kita sekarang ini sudah sangat dimanjakan dengan kamajuan tekhnologi. Bahkan pergi ke warung didekat rumah saja kita enggan untuk berjalan kaki dan memilih menggunakan motor.  

Karena gaya hidup bermalas-malasan bergerak seperti inilah kemudian yang membuat kita rentan terkena berbagai macam penyakit-penyakit mematikan seperti diabetes, darah tinggi, jantungan dan bahkan kanker. Jadi, mulai dari sekarang benahilah pola hidup Anda. Jangan malas untuk berolahraga dan berjalan kaki karena manfaatnya begitu besar untuk kesehatan kita.



Berikut setidaknya ada beberapa manfaat jalan kaki bagi kesehatan kita yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan


1. Mencegah  penyakit osteoporosis 
Kalsium memang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Namun selain kalsium, kita juga harus rajin menggerakan badan dengan cara berjalan kaki untuk membuat tulang kita agar tetap kokoh dan kuat. Berjalan kaki dipagi hari selama 15 menit sehari akan sangat bermanfaat untuk tulang Anda dan mencegah terjadinya osteoporosis.

2. Menjadikan Otot kuat
Otot kaki akan menjadi lebih kuat jika Anda rajin berjalan kaki. Jalan kaki akan membantu meningkatkan daya tahan otot sehingga hal ini akan membuat Anda tidak mudah cedera ketika berolahraga.

3. Membantu Mengurangi Berat badan 
Anda yang ingin memiliki tubuh kurus dan langsing maka perbanyaklah berjalan kaki. Orang-orang yang rajin berjalan kaki setiap hari biasanya tubuh mereka akan menjadi lebih ideal dan berat badanpun akan lebih terjaga. 

Bagi Anda yang mempunyai masalah obesitas maka jalan kaki adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah Anda. Cukup rutin saja jalan kaki dipagi hari selama 30 menit setiap pagi. Hal itu sudah sangat membantu mempercepat pembakaran kalori dan kemudian secara perlahan menurunkan berat badan Anda.

4. Menjadikan peredaran darah lancar
Jalan kaki, utamanya dipagi hari bermanfaat untuk kesehatan jantung kita. Jantung yang sehat akan membuat fungsinya menjadi optimal, jantung akan memompa darah secara lancar keseluruh tubuh Anda. Akibatnya, sirkulasi darah dalam tubuh bakal tetap terjaga.

5. Mengontrol gula darah 
Mengontrol kadar gula darah didalam tubuh kita agar tetap stabil sangatlah penting agar kita terhindar dari penyakit diabetes. Bukan hanya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang, dengan rajin berjalan kaki dipagi hari secara rutin setiap hari juga bisa membantu menjaga kestabilan gula darah didalam tubuh kita.

6. Menjaga kesehatan jantung
Penyakit jantung tidak bisa dianggap sepele karena ini merupakan salah satu penyakit mematikan. Maka dari itu kita mesti menjaga kesehatan jantung. Salah satu caranya adalah dengan rajin berjalan kaki. 

Coba aja rutin berjalan kaki di pagi hari selama 30 menit setiap pagi maka akan terasa perbedaannya, jantung Anda akan menjadi lebih sehat dan tubuh akan menjadi lebih bugar.

7. Menyehatkan paru-paru 
Cobalah berjalan kaki dengan tempo cepat, lakukan setidaknya secara rutin selama 20 menit setiap pagi maka paru-paru Anda akan menjadi lebih sehat. Pada pagi hari udara masih bersih dan belum terkontaminasi polusi sehingga sangat bagus untuk kesehatan paru-paru Anda.

8. Mencegah Diabetes 
Salah satu penyebab diabetes adalah obesitas. Obesitas disebabkan oleh karena makan terlalu banyak dan kemudian malas berolahraga atau gerak. Penyakit diabetes ini adalah penyakit mematikan, jadi sebisa mungkin kita mesti mencegahnya mulai dari sekarang.

Perbanyaklah berolahraga dan jalan kaki, Berdasarkan riset dari National Institute of Diabetes and Gigesive and Kidney Diseases. Orang-orang yang berjalan kaki dengan kecepatan 6 km/ jam dan dilaksanakan selama 50 menit saja, dapat mencegah diabetes.

9. Menurunkan Tekanan Darah
Buat kamu punya masalah dengan tekanan darah tinggi maka cobalah untuk melakukan terapi jalan kaki dipagi hari. Jalan kaki selama 30 menit dipagi hari akan membantu mengurangi kelengketan antar sel darah dan membuat peredaran darah menjadi lancar. Dengan begitu maka tekanan darah Anda akan kembali normal karena sirkulasi darah telah lancar. 

10. Menurunkan Kolesterol 
Jalan kaki dipagi hari bisa membantu kolesterol baik yang ada didalam tubuh kita menyerap kolesterol jahat. Sehingga kolesterol jahat akan menurun dan secara perlahan nanti akan menghilang jika Anda rajin berjalan kaki di pagi hari.

11. Mencegah Stroke
Sebuah studi terbaru mempublikasikan, jika dengan hanya berjalan kaki sekitar 20 jam dalam seminggu, maka itu dapat menurunkan resiko serangan stroke sejumlah 2/3 kali. 
Hal inilah yang membuat perbedaan antara orang zaman dahulu dan zaman sekarang. Orang zaman dahulu jarang sekali terkena stroke karena memang mereka rajin berjalan kaki. 

12. Menjaga kebugaran dan Kekebalan Tubuh
Jalan kaki secara rutin atau sebanyak 3 kali dalam seminggu dapat meningkatkan kebugaran serta melancarkan sistem pernafasan. Apabila kondisi badan kita sehat dan bugar maka itu sudah pasti akan berbanding lurus dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh.

13. Meningkatkan metabolisme tubuh 
Jalan kaki bisa membakar kalori didalam tubuh kita dan meningkatkan metabolisme, bahkan sekalipun ketika sedang diam.

14. Membakar lemak dalam tubuh 
Cuma hanya dengan berjalan kaki sekitar 20 menit tiap hari pada saat pagi, itu sudah bisa membakar lemak didalam tubuh kita kurang lebih 7 pound lemak per 20 menit.

15. Menghindari Jerawat 
Kamu pasti malu kan jika punya jerawat, ini ibarat mimpi buruk buat kita. Tetapi tenang, cobalah Anda untuk rajin berjalan kaki setiap pagi hari. Jalan kaki akan membantu membuat kualitas kulit semakin baik sehingga secara perlahan jerawta diwajah Anda bisa menghilang.

Udara pagi yang segar dan belum terkontaminasi polusi akan membuat kulit kita bisa bernapas dengan baik. 

16. Membuat Mood Bagus
Jalan kaki dipagi akan membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin. Endorfin ini ialah hormon yang berisi senyawa kimia yang dapat membuat seseorang merasa senang. Seperti morphine, hormon ini bahkan disebut-sebut mempunyai kekuatan 200 kali lebih banyak dari morphine sehingga tidak mengherankan jika memunculkan perasaan senang dan nyaman.

17. Meningkatkan konsentrasi 
Selain bermain catur, jalan kaki merupakan juga salah satu latihan terbaik untuk melatih konsentrasi. Jalan kaki di pagi hari akan membuat kita menjadi lebih awas dan waspada sehingga hal ini dapat mengoptimalkan kinerja otak kita agar konsentrasi tetap terjaga.

18. Mencegah Pikun 
Jika teratur berjalan kaki di pagi hari, maka bukan hanya tubuh yang sehat dan bugar tetapi kesehatan otak kita juga tetap terjaga sehingga hal ini bisa menghindari kita dari penyakit pikun. jika Anda tidak ingin mengalami pikun maka rajin-rajinlah untuk berjalan kaki.

19. Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak
Buat kamu yang susah tidur maka cobalah mulai dari sekarang untuk rajin berjalan kaki di pagi hari. Sebuah riset yang dilaksanakan Fred Hutchison Cancer Research Center di Seattle, mengindikasikan bahwa olah raga yang dilaksanakan pada pagi hari bisa menolong meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur malam lebih nyenyak.


Itulah manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh. Ada begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila rajin berjalan kaki setiap hari. Jangan jadi generasi yang malas, perbanyaklah bergerak agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Share this :

Previous
Next Post »