19 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah Secara Alami 100 % Ampuh

Cara menghilangkan minyak di wajah paling aman dan ampuh yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami. Percayalah, apabila Anda rajin dan konsisten menggunakan ramuan atau masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami maka minyak berlebih pada wajah Anda bisa hilang permanen selamanya dan tidak kembali lagi. Selain itu, penggunaan masker wajah alami juga akan membantu mencerahkan kulit wajah Anda. 

Baiklah berikut dibawah ini kita akan membahas bagaimana mengurangi minyak diwajah secara alami dan permanen. Dengan mengikuti tips ini maka mudah-mudahan bisa menjadi solusi dari masalah wajah berminyak yang Anda alami. Yuk simak aja selengkapnya dibawah ini !

Cara menghilangkan minyak diwajah


Penyebab Wajah Berminyak


1. Malas Membersihkan Muka
Sangat banyak orang yang tidak mengetahui bahwa penting untuk membersihkan wajah dari noda ataupun make-up sebelum berangkat istirahat di malam hari. Karena wajah yang kotor akan membuat bakteri terkumpul didalam pori-pori dan mengakibatkan munculnya jerawat serta flek hitam. 

2. Karena Perubahan Hormon yang Tidak Stabil
Para wanita biasanya ketika sedang menstruasi, hormon didalam tubuhnya tidak stabil. Akibat ketidak stabilan hormon ini juga bisa memicu produksi minyak di wajah Anda menjadi berlebihan.

Perubahan hormon pada masa haid dapat membuat perempuan terserang stres dan tidak dapat mengendalikan emosinya, suasana ini dapat menambah jumlah minyak alami yang terdapat di bawah kulit.

3. Karena Pemilihan dan Pemakaian Kosmetik yang Tidak Tepat
Penggunaan make up yang tidak cocok juga bisa menjadi penyebab wajah menjadi berminyak. Make up yang tidak sesuai dapat merusak jaringan terdalam kulit dan menambah produksi minyak menjadi tidak terkendali. Hal ini berlaku pada seluruh jenis kulit manusia.

4. Karena Faktor Keturunan (Genetik)
Faktor keturunan juga turut berperan kenapa wajah Anda berminyak. Jika orang tua Anda kulit wajahnya berminyak maka tentu saja hal ini dapat turun pada anak-anaknya.

5. Karena Suhu Cuaca yang Terlalu Tinggi
Suhu cuaca yang terlampau tinggi atau terik, bukan saja bisa menyebabkan tubuh cepat lelah dan mengalami dehidrasi. Kondisi ini juga bisa membuat wajah kita menjadi lebih berminyak dibandingkan biasanya. Maka dari itu jangan lupa membawa tisu jika Anda keluar rumah di saat cuaca sedang panas agar wajah tidak mengkilap akibat minyak yang berlebihan pada wajah.

6. Karena Kadar Stres yang Berat
Kendalikanlah stres,  sebab suasana hati yang tidak stabil dapat mengakibatkan peredaran darah menjadi kurang. Stres berkepanjangan bakal memperburuk kestabilan minyak alami yang terdapat didalam dan permukaan kulit Anda. Produksi minyak pada kulit Anda akan meningkat dan membuat wajah Anda menjadi sangat berminyak.

7. Karena Mempunyai Kelenjar Minyak yang Aktif
Ada beberapa orang yang memang mempunyai jenis kulit dimana kalenjer minyak pada kulitnya sangat aktif sehingga hal ini membuat wajah mereka menjadi berminyak. 

8. Karena Gemar Mengkonsumsi Makanan Berlemak
Penyebab wajah berminyak juga bisa dikarenakan faktor makanan. Orang-orang yang sangat suka dan senang mengkonsumsi makanan yang berlemak seperti gorengan, daging olahan kalengan atau yang dipanggang dan dihanguskan maka produksi minyak pada kulitnya akan menjadi sangat tinggi meskipun kulit Anda berjenis normal sekalipun. 

Ingat, apa yang kita konsumsi turut andil serta didalam menentukan produksi minyak pada kulit wajah kita.

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah 


1. Alpukat
Alpukat selain enak dinikmati sebagai minuman jus, buah ini juga bermanfaat baik ketika dijadikan masker alami. Karena khasiatnya mampu mengatasi minyak berlebih pada kulit wajah dengan menyerapnya, jadi tak ada salahnya kalau mencoba cara ini.

Caranya: Sediakan buah alpukat secukupnya yang lalu Anda haluskan. Alpukat yang sudah hancur dan lembut dapat langsung diterapkan langsung ke wajah secara menyeluruh. Diamkan dulu sampai sekitar 15 menit, sesudah itu barulah Anda boleh membilas wajah memakai air hangat. Gunakan metode ini secara rutin supaya ada hasilnya.

2. Pisang
Cara menghilangkan minyak dengan pisang mudah saja. Haluskan 1 buah pisang kemudian tambahkan dengan 1 sdm madu. Campur dan aduk agar kedua bahan rata kemudian oleskan pada wajah. Vitamin C pada buah pisang sangat efektif membantu menghilangkan minyak di wajah secara alami. 

3. Mentimun
Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami dengan memakai mentimun ialah dengan mengiris mentimun tipis-tipis kemudian tempelkan pada semua wajah. Diamkan sekitar 30 menit kemudian basuh dengan memakai air bersih.

4. Tomat
Senyawa anti-oksidan yakni lycopine terdapat dalam tomat yang terbukti dapat mencegah radikal bebas supaya wajah cerah, berseri, dan tidak berminyak. Tomat pun dapat menjadi tabir surya alami guna meminimalisir kerusakan pada kulit kita yang disebabkan sinar UV.

Cara menghilangkan minyak dengan menggunakan tomat ialah dengan menumbuk halus tomat sampai menjadi bubur kemudian oleskan pada wajah. Diamkan sekitar 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

5. Jeruk nipis dan putih telur
Jeruk nipis tinggi vitamin C dan anti-oksidan. Dimana hal ini bagus untuk mengatasi permasalahan pada wajah Anda seperti jerawat, wajah kusam dan mengurangi minyak berlebih di wajah. Sedangkan putih telur bisa mmengenyalkan wajah kita serta mencerahkan kulit wajah. 

Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami dengan jeruk nipis dan putih telur ini sangat gampang. Peras jeruk nipis, ambil airnya dan kemudian campurkan dengan putih telur. Jadikan sebagai masker wajah, selepas 30 menit cuci bersih wajah Anda.

6. Lemon
Cara menghilangkan minyak dengan lemon sangat mudah. Cukup dengan mengoleskan perasan lemon pada wajah Anda, maka minyak di wajah bakal berkurang. Selain itu, cara ini juga bisa membantu memutihkan wajah Anda yang kusam.

7. Apel
Anti-septik yang ada pada buah apel berguna membantu mengangkat sel kulit mati diwajah Anda sekaligus menghilangkan minyak yang menumpuk pada wajah Anda. Caranya ialah dengan memarut halus lalu apel dan kemudian silahkan pakai sebagai masker wajah. Cukup gunakan 20 menit saja, lalu setelah itu silahkan bilas wajah Anda dengan air bersih.


8. Bengkoang
Cara menghilangkan minyak diwajah dengan bengkoang tidaklah ribet seperti yang Anda bayangkan. Parut bengkoang hingga halus, kemudian peras parutan bengkoang tersebut dengan menggunakan kain. Ambil sari bengkoang, oleskan pada wajah Anda. Gunakan 30 menit, setelah itu cuci bersih wajah Anda.

9. Almond
Di samping ampuh didalam membantu mengelupas sel kulit mati, almond pun juga bisa diandalajn untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah Anda. Caranya ialah dengan menumbuk halus 2 biji almond, lantas tambahkan dengan 2 sdt madu. Oleskan merata pada wajah, biarkan selama 30 menit. Setelah itu cuci bersih wajah Anda.

10. Susu
Cara menghilangkan minyak dengan menggunakan susu adalah mencampurkannya dengan madu. Campurkan 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu kemudian jadikan sebagai masker wajah. Biarkan sekitar 30 menit, setelah itu cuci bersih wajah Anda. 

11. Yogurt
Kalian bisa membeli yoghurt segar di supermarket. Pilih yoghurt yang tidak memiliki rasa. Oleskan yoghurt tersebut pada wajah Anda, biarkan selama 30 menit, setelah itu cuci wajah Anda dengan air bersih.

Yoghurt bukan saja mampu menghilangkan minyak diwajah Anda tetapi juga bisa mencerahkan kulit wajah Anda.

12. Oatmeal
Ambil oatmel 1-2 sendok, seduh dengan air hangat. Setelah oatmel menjadi bubur dan agak dingin maka oleskan pada wajah Anda. Gunakan masker oatmel ini selama 30 menit, lalu jika sudah maka cuci wajah Anda dengan air bersih.

Masker oatmel akan membantu mengatasi minyak yang berlebih pada wajah Anda. Jika digunakan secara rutin maka juga bisa membuat kulit menjadi bersih dan cerah.

13. Madu
Cara menghilangkan minyak diwajah dengan madu paling gampang sedunia. Cukup ambil sedikit madu, kemudian oleskan pada wajah Anda dan diamkan sekitar 30 menit. Kemudian setelah itu silahkan bilas wajah Anda dengan air bersih.

Manfaat madu bukan hanya membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah Anda tetapi juga bisa membantu melembabkan kulit wajah.

14. Cuka apel
Cara menghilangkan minyak diwajah dengan menggunakan cuka apel hampir sama dengan menggunakan madu tadi. 

Caranya ialah dengan mencampurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air kemudian celupkan kapas dan oleskan pada wajah Anda. 

15. Baking soda
Campurkan baking soda dengan air. Kira-kira sebanyak 1 sendok makan baking soda yang kita gunakan. Aduk-aduk hingga baking soda terlihat berbentuk seperti pasta. Lalu, oleskan pada wajah Anda dan diamkan selama 10 menit. Bilas Wajah Anda dengan air bersih.

Begitulah cara menghilangkan minyak diwajah dengan baking soda. Untuk kamu yang punya kulit sensitif, ada baiknya tidak memakain baking soda terlalu sering.

16. Lidah buaya
Cara memakai lidah buaya untuk mengatasi masalah minyak yang berlebihan diwajah tidaklah sulit kok. Ambil gel lidah buaya, kemudian oleskan pada wajah Anda. Tunggu hingga mengering sampai 20 menit, selanjutnya cuci wajah Anda dengan air bersih.

Lidah buaya juga akan membantu melembabkan kulit wajah Anda secara alami sehingga kulit wajah Anda tidak terlihat kering.

17. Minyak Jojoba
Memang kedengarannya aneh, mau menghilangkan minyak diwajah tetapi malah di suruh memakai minyak jojoba. Bukannya nanti malah tambah berminyak wajah kita ?

Tenang, Anda tidak perlu khawatir. Minyak jojoba tidak akan membuat wajah Anda menjadi berminyak. Justru minyak jojoba berguna untuk meminimalisir minyak yang berlebihan pada wajah Anda.

Aplikasikan minyak jojoba pada wajah Anda, diamkan sekitar 15 menit, lantas bilas dengan memakai air hangat.

18. Rajin mencuci wajah
Sebenarnya urusan untuk menghilangkan minyak diwajah ini cukup gampang dilakukan salah satunya hanya dengan rajin mencuci wajah secara rutin dan teratur. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan tipe wajah berminyak sebanyak dua kali sehari. Sebelum beraktifitas dan sebelum tidur malam.

19. Membersihkan wajah memakai air hangat
Membersikan wajah dengan menggunakan air hangat agar pori-pori wajah terbuka. Kemudian gunakan pembersih wajah khusus untuk kulit berminyak untuk menghilangkan kotoran, minyak debu.

Baca Juga : 24 Cara Memutihkan Wajah Paling Ampuh dan Permanen

Keuntungan Wajah Berminyak


1. Kulit Anda akan senantiasa lembab
Anda tidak takut dengan perubahan musim, apa pun musimnya kulit wajah Anda akan tetap terlindungi karena punya minyak alamiah. Tidak hanya itu, kulit Anda juga kebal terhadap kerasnya berbagai macam kondisi lingkungan di sekitar Anda. 

2. Penuaan dini lebih lambat
Orang dengan kulit kering bakal lebih cepat tua dibanding orang yang punya kulit berminyak. Di samping itu, kulit wajah kering bakal sangat gampang cepat keriput dan garis-garis halus. Jadi beruntunglah kamu yang wajahnya berminyak bisa awet muda.

3. Kulit mengkilap secara natural, sepanjang waktu 
Kilap pada kulit wajah yang berminyak tidak melulu menyebalkan tetapi juga bermanfaat lho.. Banyak orang yang membeli produk mahal untuk membuat daerah T-zone mereka kemilau, tetapi kamu pemilik kulit berminyak justru mendapatkannya secara gratis. Mengagumkan bukan? 

4. Kulit muka memiliki minyak alami
Minyak diwajah Anda akan membuat kulit sehat dan lembut. Bersyukurlah karena dengan begitu maka Anda tidak membutuhkan krim siang atau malam yang mahal untuk melindungi kulit Anda dan membuatnya lembut. 

5. Perawatan murah
Anda tidak membutuhkan foundation berat yang harus dipakai di tengah hari. Cukup sapukan bedak tipis dan Anda pun siap pergi.

Itulah cara menghilangkan minyak di wajah secara alami yang bisa dikatakan cukup ampuh. Apabila dilakukan secara rutin mengikuti tips diatas maka minyak diwajah Anda bisa hilang permanen. Kemudian diatas kita juga membahas penyebab maupun keuntungan wajah berminyak. Semoga bermanfaat !

Share this :

Previous
Next Post »